Penerapan model problem based learning berbantuan e-modul berbasis flipbook dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pengaruhnya terhadap hasil belajar Pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang / Alipah Nurhidayati

Nurhidayati, Alipah (2018) Penerapan model problem based learning berbantuan e-modul berbasis flipbook dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pengaruhnya terhadap hasil belajar Pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang / Alipah Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurhidayati, Alipah. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 7 Malang. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Setiadi C.P, M.Pd., M.T (2) Triyanna Widyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, E-Modul dan Bahan Ajar Cetak Mutu pendidikan masih menjadi masalah dalam dunia pendidikan di Indonesia. Masalah mutu pendidikan yang masih banyak ditemui adalah tentang rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 7 Malang pada akhir bulan Agustus, pada kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mata pelajaran pemrograman dasar diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada pemrograman dasar yaitu dari segi bahan ajar dan model pembelajaran yang digunakan. Strategi yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membandingkan bahan ajar cetak yang telah dibuat oleh guru dengan bahan ajar e-modul yang telah divalidasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan e-modul; (2) mendeskripsikan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan bahan ajar cetak; dan (3) mengungkapkan signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model pembelajaran PBL berbantuan e-modul dan bahan ajar cetak. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan pemberian tes berupa Posttest Only, Non-Equivalent Control Group. Dalam penelitian ini akan terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random. Subjek penelitian ini siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMKN 7 Malang yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 7 Malang dengan waktu penelitian yaitu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif. Untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) peningkatan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL dengan berbantuan e-modul sebesar 0.47; (2) peningkatan hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PBL dengan berbantuan bahan ajar cetak sebesar 0.24; dan (3) perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan dengan sig 0.001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46462

Actions (login required)

View Item View Item