Konstribusi prestasi belajar pada mata pelajaran Produktif dan konsep diri siswa di bidang akademik terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Amir Saifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstribusi prestasi belajar pada mata pelajaran Produktif dan konsep diri siswa di bidang akademik terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Amir Saifudin

Saifudin, Amir (2018) Konstribusi prestasi belajar pada mata pelajaran Produktif dan konsep diri siswa di bidang akademik terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Amir Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Saifudin Amir. 2018. Kontribusi Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif dan Konsep Diri Siswa di Bidang Akademik Terhadap Kesiapan Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMKN 5 Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Konsep Diri Kesiapan Berwirausaha Berdasarkan temuan yang didapatkan dari kegiatan observasi pada siswa program keahlian multimedia di Kota Malang masih banyak siswa yang masih takut terhadap resiko yang harus dihadapi jika menjadi seorang wirausaha terutama faktor modal. Masih banyak siswa yang tidak cukup percaya diri untuk menjadi seorang wirausaha dan kurang berani dalam menyampaikan ide ataupun mengembangkan idenya hal ini menunjukkan bahwa konsep diri siswa masih kurang terlatih. Selain itu ditemukan bahwa 50% siswa merasa dia telah salah masuk jurusan. Mereka merasa bahwa jurusan mereka saat ini bukanlah apa yang menjadi minatnya sehingga akibatnya mereka menjadi kurang serius dalam belajar dan prestasi belajar mereka menjadi kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kontribusi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK N 5 Malang (2) Kontribusi konsep diri siswa di bidang akademik terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK N 5 Malang (3) Kontribusi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif dan konsep diri siswa dibidang akademik secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK N 5 Malang. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif prestasi belajar pada mata pelajaran produktif (desain multimedia) dan konsep diri di bidang akademik secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 731 dan F hitung sebesar 37 815 F tabel (3 138) dengan p value sebesar 0 000 0 05 sedangkan koefisien determinan adalah 0 534 atau sebesar 53 4%. Besarnya sumbangan relatif adalah 100% sedangkan besarnya sumbangan efektif adalah 53 4%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar pada mata pelajaran produktif dan konsep diri dibidang akademik berkontribusi positif signifikan terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XI multimedia di SMK N 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46461

Actions (login required)

View Item View Item