Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen / Dawam Abdul Aziz

Aziz, Dawam Abdul (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen / Dawam Abdul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aziz, Dawam Abdul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL pada Matapelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.. (2) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Keaktifan, dan Hasil Belajar Keberhasilan kegiatan pembelajaran dapat diukur dari keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Hasil observasi dan wawancara pada kelas X RPL 2 mata pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen, ditemukan bahwa siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa masih rendah. Dari hasil observasi didapatkan hanya 10,53% siswa yang nilainya mencapai standar KKM.Pada pelaksanaan pra tindakan, ditemukan bahwa siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan guru kurang terstruktur dalam melaksanakan pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan di kelas lebih banyak terpusat kepada guru. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah-masalah konstektual tentang suatu materi yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis, kreatif, mampu bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang telah diperoleh dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran PBL bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 pada matapelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Model penelitian Kemmis dan Mc Taggart memiliki beberapa siklus. Masing-masing siklus terdiri dari : (1) perencanaan (planning); (2) aksi atau tindakan (action); (3) observasi (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian. Hasil penelitian ini adalah: (1) keterlaksanaan model pembelajaran PBL pada siklus I dengan persentase kegiatan guru 83,33% dan kegiatan siswa 76,67%. Sedangkan pada siklus II persentase kegiatan guru 93,33% dan kegiatan siswa 90%. (2) Keaktifan siswa pada siklus I adalah 73,68% dan siklus II 88,94%. (3) Hasil belajar siswa secara berurutan pada siklus I adalah: ranah pengetahuan 65,79%, ranah sikap 81,83%, dan ranah keterampilan 78,61%. Sedangkan pada siklus II secara berurutan adalah: ranah pengetahuan 89,47%, ranah sikap 89,99%, dan ranah keterampailan 90,12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 pada matapelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Kepanjen. Saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46460

Actions (login required)

View Item View Item