Pengembangan media pembelajaran berbasis simulasi pada mata pelajaran komposisi Foto Digital untuk siswa kelas XI SMK Program Keahlian Multimedia / Dandis Afif Nuha

Nuha, Dandis Afif (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis simulasi pada mata pelajaran komposisi Foto Digital untuk siswa kelas XI SMK Program Keahlian Multimedia / Dandis Afif Nuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nuha Dandis Afif. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital untuk Siswa Kelas XI SMK Program Keahlian Multimedia. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci media pembelajaran simulasi komposisi foto digital Komposisi Foto Digital merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kelas XI SMK. Mata pelajaran ini diselenggarakan dengan menyampaikan teori dan setelah itu melakukan praktik menggunakan peralatan fotografi. Namun peratalan fotografi yang terbatas membuat kegiatan praktik menjadi kurang efektif siswa dalam satu kelas harus terbagi dalam beberapa kelompok dan harus bergantian untuk praktik menggunakan peralatan fotografi yang disediakan sekolah. Selain itu belum ada sarana belajar mandiri untuk siswa yang dikemas dalam satu paket media pembelajaran yang mencakup pembelajaran secara teori ataupun pembelajaran praktik. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan sarana pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam pembelajaran secara teori dan praktik dalam bentuk simulasi peralatan fotografi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komposisi foto digital dengan penambahan fitur simulasi peralatan fotografi sebagai penunjang kegiatan praktik. Selain itu penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran secara media dan materi. Model Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Arif S. Sadiman. Prosedur pengembangan model ini antara lain (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan pembelajaran (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat ukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) uji coba (7) revisi dan (8) naskah siap diproduksi. Subjek uji coba penelitian ini adalah dosen sebagai ahli media guru sebagai ahli materi dan siswa SMKN 1 Bojonegoro program keahlian Multimedia. Instrumen yang digunakan berbentuk angket yang terdiri dari angket untuk ahli media angket untuk ahli materi dan angket untuk siswa. Data hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan kriteria validitas analisis persentase. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis simulasi pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital kelas XI program keahlian Multimedia. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 90 28% validasi ahli materi sebesar 88 75% uji coba perseorangan sebesar 93 75% uji coba kelompok kecil sebesar 89% dan uji coba lapangan sebesar 84 75%. Berdasarkan kriteria uji kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2011 207) media pembelajaran dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46459

Actions (login required)

View Item View Item