Pengembangan modul ajar mata pelajaran pengolahan citra digital dengan model pembelajaran project based learning untuk siswa kelas XI Paket Keahlian Multimedia di SMK / Faqih Shofyan Afifi

Afifi, Faqih Shofyan (2018) Pengembangan modul ajar mata pelajaran pengolahan citra digital dengan model pembelajaran project based learning untuk siswa kelas XI Paket Keahlian Multimedia di SMK / Faqih Shofyan Afifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 ABSTRAK Afifi, Faqih. 2018. Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Siswa Kelas XI Paket Keahlian Multimedia di SMK. S. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata kunci : bahan ajar, modul, pengolahan citra digital, kurikulum 2013, project based learning. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan formal pada jenjang menengah yang memiliki tujuan utama untuk menyiapkan peserta didiknya agar memiliki keahlian dan keterampilan kompetensi tertentu dan siap bekerja pada bidang yang sesuai dengan kompetensi keahliannya. Jadi untuk mencapai tujuan tersebut, bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran juga harus bisa mengakomodir peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Berdasarkan hasil obervasi di 5 SMK yang ada di Kota Malang, diketahui terdapat satu mata pelajaran yang belum tersedia bahan ajar yang memadahi untuk mencapai tujuan utama dari SMK. Mata pelajaran tersebut adalah Pengolahan Citra Digital yang ada di paket keahlian multimedia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan dari modul ajar untuk mata pelajaran Pengolahan Citra Digital di kelas XI paket keahlian multimedia. Modul ajar yang dikembangkan akan menggunakan model pembelajaran project based learning. Produk modul yang dikembangkan akan disajikan dalam format modul cetak yang terbagi menjadi modul guru dan modul siswa. Modul ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan dari Sadiman. Validasi produk dilakukan oleh satu orang ahli media, dua orang ahli materi, dua belas orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan 30 orang peserta didik pada uji coba kelompok besar. Data dari tahap validasi akan dikumpulkan menggunakan instrumen non-test dengan pertanyaan semi tertutup. Data hasil uji coba kemudian dianalisis persentase validitasnya menggunakan rumus validitas dari Akbar (2013) dan dicari tahu kriteria validitasnya menggunakan kriteria validitas dari Akbar (2013). Data uji coba yang telah dianalisis menunjukkan hasil bahwa persentase validitas pada uji coba ahli media mendapatkan skor 98,33%, uji coba ahli materi mendapatkan skor 93,38%, uji coba kelompok kecil mendapat skor 95,02% dan uji coba kelompok besar mendapat skor 92,61%. Berdasarkan keseluruhan hasl tersebut dapat disimpulkan bahawa produk yang dikembangkan pada penelitian ini telah mencapai kriteria valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Namun, untuk tujuan perbaikan dan memperhatikan saran yang diberikan pada tahap validasi dilakukanlah perbaikan pada modul pembelajaran agar didapatkan produk yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46458

Actions (login required)

View Item View Item