Hubungan antara persepsi mahasiswa tentang karir guru dan literasi keguruan dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Ika Nurul Isna Fibrianti

Fibrianti, Ika Nurul Isna (2018) Hubungan antara persepsi mahasiswa tentang karir guru dan literasi keguruan dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Ika Nurul Isna Fibrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Fibrianti, Ika Nurul Isna. 2018. Hubungan antara Persepsi Mahasiswa tentang Karir Guru dan Literasi Keguruan dengan Kesiapan Kerja di Dunia Pendidikan bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci: persepsi mahasiswa, karir guru, literasi keguruan, kesiapan kerja, dunia pendidikan. Pendidikan Teknik Informatika (PTI) merupakan salah satu program studi yang ada di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang banyak menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga profesional. Kompetensi lulusan dari prodi S1 PTI salah satunya adalah kompetensi bidang keguruan. Berdasarkan kompetensi lulusan tersebut diharapkan mahasiswa lulusan program studi PTI memiliki kesiapan untuk bekerja di dunia pendidikan. Dari observasi awal yang telah dilakukan oleh penulis, diketahui bahwa cukup banyak mahasiswa program studi S1 PTI angkatan 2014 yang tidak memiliki rencana karir di bidang pendidikan. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap kesiapan kerja mahasiswa di dunia pendidikan setelah lulus dari perguruan tinggi. Tujuan penilitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kesiapan kerja mahasiswa di dunia pendidikan; (2) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang karir guru; (3) mendeskripsikan literasi keguruan mahasiswa prodi S1 PTI; (4) mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang karir guru (X1) dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan (Y); (5) literasi keguruan (X2) dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan(Y); (6) persepsi mahasiswa tentang karir guru (X1) dan literasi keguruan (X2) dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan (Y). Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korasional dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Data penelitian di dapat melalui pengisian angket oleh responden. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa Prodi S1 PTI angkatan 2014 yang telah menempuh studi selama 7 semester dan telah menempuh mata kuliah Praktik Lapangan (KPL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan kerja mahasiswa prodi S1 PTI di dunia pendidikan dalam kategori tinggi dengan persentase 67,4% dari jumlah sampel yang diambil. Persepsi mahasiswa prodi S1 PTI tentang karir guru dalam kategori tinggi dengan persentase 65,2% dari jumlah sampel yang diambil. Literasi keguruan mahasiswa S1 PTI FT UM dalam kategori tinggi atau baik dengan persentase 77,5%. Berdasarkan hasil penelitian juga diketahui bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang karir guru dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,475; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi keguruan dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,511; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang karir guru dan literasi keguruan dengan kesiapan kerja di dunia pendidikan dilihat dari nilai R sebesar 0,753 dan nilai F hitung 82,350 dengan Phitung < Pstandar yaitu 0,000 < 0,05 , sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46457

Actions (login required)

View Item View Item