Penerapan model pembelajaran inquiry problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran creative problem solving pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis Pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Kepanjen / Ulya Maisyaroh Ahmad

Ahmad, Ulya Maisyaroh (2018) Penerapan model pembelajaran inquiry problem solving dibandingkan dengan model pembelajaran creative problem solving pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis Pemrograman dasar pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Kepanjen / Ulya Maisyaroh Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Ahmad, Ulya Maisyaroh. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Problem Solving Dibandingkan dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pemrograman Dasar pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T. (II) Triyanna Widyaningtyas, S.T., M.T. Kata Kunci: Inquiry problem solving, Creative problem solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemrograman Dasar. Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang berkaitan erat dengan kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dikarenakan, dalam pemrograman dasar terdapat berbagai permasalahan yang menuntut pemahaman siswa secara mendalam mengenai pengetahuan dasar dalam pembuatan sebuah program. Adanya peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat dan efisien diharapkan dapat menjembatani peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jika siswa terlatih untuk berpikir secara kritis, maka proses pembelajaran pemrograman dasar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pemrograman dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran INPS; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pemrograman dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran CPS dan (3) mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan berpikir kritis pemrograman dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran INPS dan model pembelajaran CPS. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan bentuk desain yaitu nonequivalent pretest-posttest control grup design. Nilai kemampuan awal didasarkan pada hasil penilaian guru mata pelajaran pemrograman dasar. Sebelum melakukan penelitian, subjek penelitian harus dipastikan telah memiliki kemampuan awal yang sama dengan cara melakukan uji kesamaan rata-rata awal. Selanjutnya subjek penelitian diberi perlakuan model pembelajaran yang berbeda. Pada akhir kegiatan pembelajaran, diberikan post-test untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa ranah pengetahuan. Analisis perbedaan kemampuan berpikir kritis ranah pengetahuan dilakukan melalui uji-t teknik Independent Sample t-Test. Hasil analisis menunjukkan adanya signifikansi perbedaan kemampuan berpikir kritis Pemrograman Dasar karena pengaruh penerapan model pembelajaran INPS dan model pembelajaran CPS dengan sig.(2- tailed) 0,001 < 0,05. Kedua model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siwa, namun pembelajaran INPS lebih unggul pada beberapa indikator dibandingkan model pembelajaran CPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46456

Actions (login required)

View Item View Item