Perbandingan penerapan model mind mapping dengan model Problem Based learning (PBL) berbantuan bahan ajar digital terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Malang / Hanum Nikma Ariani Nawawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model mind mapping dengan model Problem Based learning (PBL) berbantuan bahan ajar digital terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Malang / Hanum Nikma Ariani Nawawi

Nawawi, Hanum Nikma Ariani (2018) Perbandingan penerapan model mind mapping dengan model Problem Based learning (PBL) berbantuan bahan ajar digital terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Malang / Hanum Nikma Ariani Nawawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Nawawi H.N.A. 2018. Perbandingan Penerapan Model Mind Mapping Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Bahan Ajar Digital Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Model Mind Mapping Problem Based Learning (PBL) Pemahaman Konsep Komputer Dan Jaringan Dasar Bahan Ajar Digital Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan pemahaman konsep ranah kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa pada kelas A dengan model Mind Mapping dan kelas B dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan bahan ajar digital. Pembelajaran menggunakan bahan ajar digital berupa flash. Bahan ajar digital sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa jenjang SMK kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Malang dengan jumlah siswa kelas X sebanyak 70. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian eksperimen (quasi experimental design). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas A dan kelas B. Kelas A dengan penerapan model Mind Mapping dan kelas B dengan model PBL. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal yang disesuaikan dengan indikator pemahamn konsep dan indikator pembelajaran yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran komputer dan jaringan dasar antara kelas A dengan penerapan model Mind Mapping dan kelas B dengan model PBL berbantuan bahan ajar digital. Terdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari dua aspek yaitu ranah kognitif dan psikomotorik. Nilai rata-rata kelas A pada ranah kognitif sebesar 86 dan kelas B sebesar 82 86. Nilai rata-rata kelas A pada ranah psikomotorik sebesar 90 77 dan kelas B sebesar 85 69. Kelas A memiliki nilai rata-rata pemahaman konsep lebih tinggi pada ranah kognitif dan psikomotorik dibandingkan kelas B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46455

Actions (login required)

View Item View Item