Hubungan perilaku positif dalam praktikum dan keterlaksanaan bimbingan karir dengan kesiapan berkarir di dunia industri siswa SMKN kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang / Annisa Dwi Nur Kholifah

Kholifah, Annisa Dwi Nur (2018) Hubungan perilaku positif dalam praktikum dan keterlaksanaan bimbingan karir dengan kesiapan berkarir di dunia industri siswa SMKN kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang / Annisa Dwi Nur Kholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Kholifah, Annisa Dwi Nur . 2018. Hubungan Perilaku Positif dalam Praktikum dan Keterlaksanaan Bimbingan Karir dengan Kesiapan Berkarir di Dunia Industri Siswa SMKN Kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata kunci: perilaku positif dalam praktikum, keterlaksanaan bimbingan karir, kesiapan berkarir di dunia industri. Industri merupakan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai manfaat lebih tinggi. Kunci sukses dalam industrialisasi ada tiga, yaitu SDM, investasi, dan teknologi. SDM yang dimaksud adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. SMK merupakan lembaga pendidikan formal tingkat menengah yang mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Sebelum bekerja dan berkarir, siswa telah di bekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang di peroleh ketika praktikum di sekolah. Selain kegiatan praktikum yang membantu kesiapan siswa untuk terjun di dunia usaha/industri. Siswa juga membutuhkan bimbingan karir agar mampu merencanakan karirnya dengan mantap sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, pengetahuan dan kepribadian serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perilaku positif dalam praktikum (X1), keterlaksanaan bimbingan karir (X2), dan kesiapan berkarir di dunia industri (Y) siswa SMK kelas XII program keahlian Multimedia di Kota Malang, (2) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dengan Y, (3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dengan Y, dan (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y dan besar kontribusinya . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII program keahlian Multimedia di Kota Malang dengan jumlah populasi sebanyak 262 siswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 157 siswa dengan menggunaka teknik simple random sampling. Untuk mengukur variabel X1, varaiabel X2 dan Y menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan software aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kesiapan berkarir di dunia industri, perilaku positif dalam praktikum, keterlaksanaan bimbingan karir berkategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y dengan nilai Psig 0,046 < 0,05, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y dengan nilai Psig 0,000 < 0,05, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan, (5) sumbangan relatif (SR) X1 dan X2 sebesar 28,5% dan 71,5%, (6) sumbangan efektif (SE) X1 dan X2 sebesar 3,99% dan 10,01%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46453

Actions (login required)

View Item View Item