Pengembangan aplikasi mobile untuk bahan ajar mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang / Ririn Nur Fitria

Fitria, Ririn Nur (2018) Pengembangan aplikasi mobile untuk bahan ajar mata pelajaran basis data untuk siswa kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang / Ririn Nur Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fitria Ririn Nur. 2018. Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Bahan Ajar Mata Pelajaran Basis Data untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci Aplikasi Mobile Bahan Ajar Basis Data Bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 6 Malang didapatkan permasalahan bahwa belum tersedia bahan ajar mata pelajaran Basis Data Kelas XII yang sesuai dengan struktur Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Selain itu peserta didik lebih sering menggunakan smartphone untuk belajar karena keterbatasan peserta didik untuk belajar karena tidak semua peserta didik memiliki komputer/laptop. Persentase kelulusan peserta didik juga masih dibawah 50% dikarenakan minat belajar peserta didik masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan adanya bahan ajar Basis Data yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (Revisi 2017) dan memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk belajar sehingga minat belajar dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merancang menghasilkan dan menguji kelayakan dengan validasi ahli materi validasi ahli media serta ujicoba kelompok. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Waterfall. Model pengembangan Waterfall terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Requirement Analysis and Definition (2) System and Software Design (3) Implementation and Unit Testing (4) Integration and System Testing (5) Operation and Maintenance. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Validasi ahli dilakukan dengan ahli materi dan ahli media. Ujicoba kelompok dilakukan dalam 2 jenis kelompok yaitu ujicoba kelompok kecil sebanyak 15 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase validitas menurut ahli materi sebesar 92.39% dan persentase validitas menurut ahli media sebesar 98.96%. Sedangkan untuk ujicoba kelompok diperoleh persentase hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 92.28% dan ujicoba kelompok besar sebesar 93.64%. Berdasarkan hasil tersebut maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar basis data ini sangat valid dan layak digunakan dengan persentase rata-rata sebesar 94.32% tanpa perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46452

Actions (login required)

View Item View Item