Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada mata pelajaran Pemrograman berorientasi objek di SMK Negeri 8 Malang / Ulfa Agustina

Agustina, Ulfa (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada mata pelajaran Pemrograman berorientasi objek di SMK Negeri 8 Malang / Ulfa Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina, Ulfa.2018. Pengembangan Media PembelajaranBerbasisGame EdukasiPada Mata PelajaranPemrogramanBerorientasiObjek Di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Prodi S1 PendidikanTeknikInformatika, JurusanTeknikElektro, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) HeruWahyuHerwanto, S.T., M.Kom (2) Dr.Eng. AnikNurHandayani, S.T., M.T. Kata kunci: Media pembelajaran, Game edukasi, PemrogramanBerorientasiObjek, Berdasarkanobservasi di SMK Negei 8 Malang didapatkanbeberapapermasalahan, dimanasiswamenyatakanbahwamatapelajaranPemrogramanBerorientasiObjeksukaratausulitdipelajari. Hal tersebutdapatdilihatdari 27 siswa, sebesar 70% siswamenyatakanbahwa proses pembelajaran di kelasmasihkurangmenarik. Hal tersebutdapatmemicusiswauntukmelakukanhal yang lain sepertibermainhandphone. Selainitu, tidaksemuasiswamemlikiperangkat personal, seperti laptop, untukmembantu proses pembelajaranbaik di sekolahmaupun di luarsekolah. Penelitianinibertujuanuntuk 1) mengembangkan media pembelajaranberbasisgame edukasi yang menarikpadaplatformAndroidsebagai media alternatifpadamatapeleajaranPemrogramanBerorientasiObjek, 2) mengujikelayakan media pembelajaranberbasisgame edukasipadamatapelajaranPemrogramanBerorientasiObjek. Metodepengembangan yang diterapkandalampenelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembanganolehSugiyono. Model inimenggunakan 9 langkahyaitu (1) potensidanmasalah, (2) pengumpulan data, (3) desainproduk, (4) validasidesain, (5) revisidesain, (6) ujicobaproduk, (7) revisiproduk, (8) ujicobapemakaian, (9) revisiproduk. Media pembelajaranberbasisgame edukasiinikemudiandiujicobakepadaahli media, ahlimateri, dan 40 siswakelas XII KompetensiKeahlianRekayasaPerangkatLunak SMK Negeri 8 Malang. Pengumpulan data dalampenelitiaaninimenggunakankuesionerdengan 4 skala. Hasilanalisis data digunakanuntukmengetahuikelayakan media pembelajaranberbasisgame edukasi. Produk yang dihasilkanpadapeneliatiandanpengembanganiniberupa media pembelajanberbasisgame edukasi Java Build.Setelahdilakukananalisa data diperolehhasilpersentasekelayakan media pembelajarandariahli media 88,04%, ahlimateri 88,00%, ujicobakelompokkecil 80,10% danujicobalapangan 81,64%. Rata-rata keseluruhanpersentaseahli media, ahlimateri, ujicobakelompokkecildanujicobalapanganadalah 84,42%. BerdasarkankriteriakelayakanprodukmenurutArikunto, media pembelajaranberbasisgame edukasi Java BuildinidinyatakanSangatLayakuntukdigunakansebagai media pembelajaranpadamatapelajaranPemrogramanBerorientasiObjek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46451

Actions (login required)

View Item View Item