Perbedaan kemampuan logika pemrograman pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan penerapan model drill and practice dibandingkan dengan penerapan model project based learning berbantuan buku digital pada siswa kelas X Multimedia .../Shelvy Lailatu Fitria

Fitria, Shelvy Lailatul (2018) Perbedaan kemampuan logika pemrograman pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan penerapan model drill and practice dibandingkan dengan penerapan model project based learning berbantuan buku digital pada siswa kelas X Multimedia .../Shelvy Lailatu Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Fitria, Shelvy Lailatul. 2018. Perbedaan Kemampuan Logika Pemrograman Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Dengan Penerapan Model Drill And Practice Dibandingkan Dengan Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Buku Digital Pada Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara, M.Pd., Pembimbing (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata Kunci : Drill and Practice, Project Based Learning, Kemampauan Logika Pemrograman Dasar, Buku Digital. Siswa yang memiliki kemampuan logika yang baik akan lebih mudah dalam memahami materi dan kode program dalam pascal. Hal tersebut berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah. Sistem pembelajaran e-learning yang menggunakan media pembelajaran berbasis buku digital EPUB dapat memotivasi dalam pembelajaran kemampuan logika pemrograman dasar yang diberikan perlakuan model Drill and Practice dibandingkan kelas yang diberikan perlakuan model Project Based Learning berbantuan Buku Digital EPUB. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Pasuruan yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil dalam penelitian yang berjumlah 71 siswa, masing-masing kelas terdiri dari kelas X MM 2 berjumlah 36 siswa dan kelas X MM 3 berjumlah 35 siswa. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif berdasarkan indikator kemampuan logika. Untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai post-test adalah 0,000, dimana 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan logika pemrograman dasar pada kelas A (X MM 2) dan kelas B (X MM 3). Hasil penelitian juga dapat dilihat pada beberapa aspek berikut: (1) nilai rata-rata, kelas A (85,93) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (79,4); (2) n-gain score, kelas A (0,60) memiliki peningkatan kemampuan logika lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,55). Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model Drill and Practice berpengaruh lebih dalam meningkatkan kemampuan logika pemrograman dasar dari pada dengan model Project Based Learning. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model Drill and Practice berbantuan buku digital EPUB dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pemrograman dasar untuk meningkatkan kemampuan logika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46450

Actions (login required)

View Item View Item