Pengembangan modul digital interaktif model drill and practice pada mata pelajaran Rancang bangun Jaringan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang / Daut Tabarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital interaktif model drill and practice pada mata pelajaran Rancang bangun Jaringan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang / Daut Tabarok

Tabarok, Daut (2018) Pengembangan modul digital interaktif model drill and practice pada mata pelajaran Rancang bangun Jaringan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang / Daut Tabarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Tabarok Daut. 2017. Pengembangan Modul Digital Interaktif Model Drill and Practice Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci modul digital interaktif drill and practice rancang bangun jaringan. Keterbatasan modul pembelajaran pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan menyebabkan siswa kesulitan untuk belajar dan memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk merancang mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan modul digital interaktif model drill and practice pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan yang lebih terstruktur secara sistematis sesuai dengan silabus kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R D) dari Sugiyono (2016 297) yang terdiri dari 10 tahap meliputi (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk dan (10) Produksi masal. Instrumen validasi produk menggunakan angket semi tertutup yang divalidasi oleh ahli media ahli materi uji coba responden kelompok kecil dan uji coba responden kelompok besar. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus dari Akbar diperoleh persentase dari ahli media sebesar 98.80% ahli materi 1 sebesar 88.89% ahli materi 2 sebesar 97.22% rata-rata ahli materi 1 dan ahli materi 2 sebesar 93.05% uji coba responden kelompok kecil sebesar 85.47% uji coba responden kelompok besar sebesar 97.60%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan pengembangan modul digital interaktif model drill and practice pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang sangat valid dan layak digunakan sebagai media belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46448

Actions (login required)

View Item View Item