Pengaruh interpersonal skill dan tingkat kebermaknaan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) terhadap ketertarikan karir guru mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Ike Indriani

Indriani, Ike (2018) Pengaruh interpersonal skill dan tingkat kebermaknaan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) terhadap ketertarikan karir guru mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Ike Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Indriani, Ike. 2018. Pengaruh Interpersonal Skill dan Tingkat Kebermaknaan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) terhadap Ketertarikan Karir Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (a) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (b) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: interpersonal skill, kebermaknaan KPL, ketertarikan karir guru Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang membidik lulusannya menjadi guru. Dari tahun ke tahun tentunya sudah banyak lulusan calon guru yang berhasil dicetak, terutama guru TIK di jenjang SMK. Namun peningkatan jumlah minat masyarakat Indonesia terhadap SMK tidak diimbangi dengan ketersediaan guru di lapangan. Fenomena tersebut terjadi karena keterarikan mahasiswa terhadap karir guru yang berbeda-beda dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya interpersonal skill mahasiswa dan kebermaknaan KPL yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini mengungkapkan pengaruh antara: (1) interpersonal skill (X1) dengan ketertarikan karir guru (Y); (2) kebermaknaan KPL (X2) dengan ketertarikan karir guru (Y); dan (3) interpersonal skill (X1) dan kebermaknaan KPL (X2) dengan ketertarikan karir guru (Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014 dengan jumlah 190 mahasiswa. Pengumpulan data variabel X1, X2, dan Y dilakukan dengan angket tertutup menggunakan teknik sampling insidental kepada sampel sebanyak 150 mahasiswa. Untuk mengungkapkan pengaruh secara parsial antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y menggunakan analisis regresi sederhana. Sedangkan untuk mengungkapkan pengaruh X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi berganda. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) interpersonal skill mahasiswa S1 PTI UM angkatan 2014 dalam kategori tinggi; (2) tingkat kebermaknaan KPL mahasiswa S1 PTI UM angkatan 2014 dalam kategori tinggi; (3) ketertarikan karir guru mahasiswa S1 PTI UM angkatan 2014 dalam kategori rendah; (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interpersonal skill terhadap ketertarikan karir guru; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebermaknaan KPL terhadap ketertarikan karir guru; (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara interpersonal skill dan kebermaknaan KPL terhadap ketertarikan karir guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46446

Actions (login required)

View Item View Item