Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran jaringan dasar komputer kelas XII Multimedia untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan memecahkan masalah di SMK 09 Ma'arif NU Jember / Catur Wahyu Nurhayati

Nurhayati, Catur Wahyu (2018) Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran jaringan dasar komputer kelas XII Multimedia untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan memecahkan masalah di SMK 09 Ma'arif NU Jember / Catur Wahyu Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Nurhayati, Catur Wahyu. 2018. Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Komputer Kelas XII Multimedia Untuk Meningkatakan Keaktifan Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah di SMK 09 MaÔÇÖarif Nu Jember. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd (II) M. Zainal Arifin, S. Si, M.Kom Kata kunci : Pembelajaran Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Memecahkan Masalah, Jaringan Dasar Komputer Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dalam penelitian dengan guru mata pelajaran Jaringan Dasar Komputer Kelas XII Multimedia SMK 09 MaÔÇÖarif NU Jember, diperoleh data hasil belajar siswa yang rendah dan banyaknya siswa yang kurang memenuhi KKM yang telah ditentukan. Kegiatan pembelajaran yang cenderung kurang aktif dengan pembelajaran yang konvensional ditambah terbatasnya alat praktikum kejuruan. Hal ini terjadi karena adanya motivasi yang rendah terhadap siswa, dari 37 siswa terdapat 17 siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. tampak dari post-test yang diberikan kepada siswa. Dari 37 siswa Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus meningkat dari 67,59% pada siklus I menjadi 78,30% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, 76.6 % pada siklus I menjadi 89 % pada post-test siklus II. Setelah dihitung menggunakan N-Gain menghasilkan nilai sebesar -0,1 pada siklus I dan 0,5 ada siklus II. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mengetahui persentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XII Multimedia pada mata pelajaran Jaringan Dasar Komputer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Data penelitian diperoleh dari hasil tes tulis, tes sikap dan tes keterampilan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan. Penerapan model Problem Based Learning dalam penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46443

Actions (login required)

View Item View Item