Pengaruh persepsi siswa terkait kebermaknaan PRAKERIN dan kemandirian memilih tempat PRAKERIN terhadap relevansi PRAKERIN sesuai bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi SMK Negeri di Kota Malang / Faisal Anshori

Anshori, Faisal (2018) Pengaruh persepsi siswa terkait kebermaknaan PRAKERIN dan kemandirian memilih tempat PRAKERIN terhadap relevansi PRAKERIN sesuai bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi SMK Negeri di Kota Malang / Faisal Anshori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TERKAIT KEBERMAKNAAN PRAKERIN DAN KEMANDIRIAN MEMILIH TEMPAT PRAKERIN TERHADAP RELEVANSI PRAKERIN SESUAI BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMK NEGERI DI KOTA MALANG Faisal Anshori S1,Wahyu Sakti G.I2, Yuni Rahmawati3 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terkait kebermaknaan prakerin (X1), kemandirian memilih tempat prakerin (X2) terhadap relevansi prakerin sesuai bidang keahlian TIK di SMK Negeri Kota Malang (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri di Kota Malang yang berjumlah 100 responden. Teknik samplingdalam pengambilan sampel responden yang digunakan pada penelitian ini yaitu quota sampling dengan menggunakan instrumen penelitian ketiga variabel berupa angket/kuisioner dengan hasil reliabilitas variabel (X1) sebesar 0,880, variabel (X2) sebesar 0,874 dan (Y) sebesar 0,900. Uji hipotesis menggunakan korelasi parsial dan uji regresi berganda. Hasil uji korelasi parsial hipotesis pertama menghasilkan nilai phitung< pstandar (0,000 < 0,05) yang artinya H0 ditolak sehingga terdapat hubungan antara variabel persepsi siswa terkait kebermaknaan prakerin terhadap relevansi prakerin sesuai bidang keahlian TIK, uji korelasi parsial hipotesis kedua menghasilkan nilai phitung< pstandar (0,000 < 0,05) yang artinya H0 ditolak sehingga terdapat hubungan antara variabel kemandirian memilih tempat prakerin terhadap relevansi prakerin sesuai bidang keahlian TIK, dan hasil uji regresi berganda hipotesis ketiga yaitu Fhitung> Ftabel (48,423 > 3,09) dengan sig. 0,000 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan secara simultan antara variabel persepsi siswa terkait kebermaknaan prakerin dan kemandirian memilih tempat prakerin terhadap relevansi prakerin sesuai bidang keahlian TIK SMK Negeri di Kota Malang. Sumbangan efektif kedua variabel yaitu sebesar 50%, sedangkan 50% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46442

Actions (login required)

View Item View Item