Perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar karena penerapan model CTL dibandingkan dengan pembelajaran PBL berbantuan classroom blogging pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Darut Taqwa Purwosari / Siti Kurniawati

Kurniawati, Siti (2018) Perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar karena penerapan model CTL dibandingkan dengan pembelajaran PBL berbantuan classroom blogging pada siswa kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Darut Taqwa Purwosari / Siti Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Kurniawati, Siti. 2018. Perbedaan Pemahaman Konsep Pemrograman Dasar Karena Penerapan Model CTL Dibandingkan Dengan Pembelajaran PBL Berbantuan Classroom Blogging Pada Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ Di SMK Darut Taqwa Purwosari. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata kunci: CTL, PBL, Pemahaman Konsep Pemrograman Dasar, Classroom Blogging Keberhasilan siswa dalam belajar bergantung pada kemampuan seorang guru dalam kegiatan pembelajaran dan kemampuan siswa untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran pemrograman dasar sebagian siswa merasakan kesulitan dan kebingungan dalam penerjemahan maksud dari script program. Oleh karena itu, guru harus memilih model pembelajaran yang tepat dengan dipadukan media pembelajaran sebagai pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap signifikansi perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar yang diberikan perlakuan model CTL dibandingkan kelas yang diberikan perlakuan model PBL berbantuan classroom blogging. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Darut Taqwa Purwosari yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil dalam penelitian yang berjumlah 70 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif berdasarkan indikator pemahaman konsep. Untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil Uji-t menunjukkan nilai signifikansinya yaitu 0,000, maka 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep pemrograman dasar pada kelas A dan kelas B. Hasil penelitian juga dapat dilihat pada beberapa aspek berikut: (1) nilai rata-rata, kelas A (79,4) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (73,9); (2) n-gain score, kelas A (0,50) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,33); dan (3) ketuntasan pembelajaran, kelas A (85,71%) memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas B (68,57%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model CTL berbantuan classroom blogging berpengaruh lebih dalam meningkatkan pemahaman konsep pemrograman dasar daripada dengan model PBL berbantuan classroom blogging. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model CTL berbantuan classroom blogging dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pemrograman dasar untuk meningkatkan pemahaman konsep. iii ABSTRACT Kurniawati. Siti. 2018. Difference Understanding of Basic Programming Concepts Because of the Application Model CTL Compared With PBL Assisted Learning Classroom Blogging In Class X TKJ Expertise Program at SMK Darut Taqwa Purwosari. Thesis. Departement of Electrical Engineering. Program Study Eductaion of Informatic Engineering. Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Keywords: CTL, PBL, Understanding Concept Basic Programming, Classroom Blogging The success of students in learning depends on the ability of a teacher in the learning activites and the ability of students to understand the subject matter. In basic programming learning some students feel dificultyand confusion in translation of the intent of the program script. Therefore, teachers should choose the right learning model with combined learning media as a support. This study aims to reveal the significance of different understanding of basic programming concepts that are treated with CTL models compared to classes treated with PBL-aided classroom blogging model. This research uses Quasi Experimental Design research design with Non-Equivalent Control Group Design form. The subjects of the study were the students of class X TKJ SMK Darut Taqwa Purwosari registered in the academic year 2017/2018. The samples taken in the study were 70 students, each class consisted of 35 students. Measurement instruments are cognitive tests based on conceptual understanding indicators. To test the hypothesis using Independent Sample T-test at 5% significance level. The t-test results show that the post-test value is 0,000, where 0,000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46441

Actions (login required)

View Item View Item