Studi Life-Based Learning Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / NiÔÇÖmatul Hidha Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi Life-Based Learning Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / NiÔÇÖmatul Hidha Wulansari

Wulansari, NiÔÇÖmatul Hidha (2018) Studi Life-Based Learning Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / NiÔÇÖmatul Hidha Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulansari Ni matulHidha. 2017. Studi Life-Based Learning Pada Proses Pembelajaran Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri MalangPembimbing (I) Dr. Ir. SyaadPatmanthara M.Pd. (II) HeruWahyuHerwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci studi life-based learning proses pembelajaran World Economic Forum 2016menyebutkan 35% core skills yang berlakusaatiniakanusangpadatahun 2025 mendatang Untukituperlunyapembelajaran yang memilikikecakapan abad-21 yaitukapabilitaspadabidangkeahliannya salahsatuupayauntukmendukungterbentuknyakapabilitasdiri UniversitasNegeri Malang melakukanpengembangankurikulumbaru yang memilikiciriberbasiskehidupan (Life Based Learning).Penelitianinidilaksanakanuntukmengkajimuatanlife-based learning pada proses pembelajaranmahasiswa S1 PendidikanTeknikInformatika UniversitasNegeri Malang padamatakuliahPengembanganSumberBelajardanPerencanaanPembelajaran Semester GasalTahunAjaran 2017/2018. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui (1) DeskripsikarakteristikmuatanLife-Based Learningpada prosespembelajaran (2) Mengetahuipendukungdankendala yang dihadapidarimuatanLife-Based Learning (3) Pengaruhantara proses pembelajaranLife-Based Learningterhadaphasilbelajar (4) RekomendasihasilketerlaksanaanmuatanLife-Based Learningpada proses pembelajaran. Metodepenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif untukmengukurpengaruh proses pembelajaranLife Based Learning terhadaphasilbelajar. Populasi data berasaldarimahasiswa S1 PTI UM yang menempuhmatakuliahPengembanganSumberBelajardanPerencanaanPembelajaran Semester GasalTahunAjaran 2017/2018dengansampelsebanyak 136. Pengumpulan data penelitianuntukvariabel X yaitu proses pembelajaranLife Based Learningmenggunakanangketdanuntukvariabel Y yaituhasilbelajarmahasiswaadalahdokumentasinilai. Dilengkapihasilwawancarapengajar. Analisis data yang digunakanadalahregresi linier. HasildanKesimpulanpenelitiandiperoleh (1) KarakteristikLife Based Learning dalam proses pembelajarandengan prosentase kesesuaian dengan Life Based Learning padamatakuliahPengembanganSumberBelajarsebesar 98 5 % danpadamatakuliahPerencanaanPembelajaransebesar 97 4% yang tergolong Sangat Tinggi (2) Faktorpendukungdankendaladitemukanbahwapengajar yang memangharus professional ataukompetendalambidangnya memahamimaknadankonsepLife Based Learning darisegiperencanaan pelaksanaanhinggaevaluasi untukhaltersebutmakaterlebihdahulumemerlukanbeberapalangkahuntukmelatihseorangpengajar (3) Terdapatpengaruh yang signifikandibuktikanhasilujihipotesismenunjukkanvariabelindependenyaitu proses pembelajaranmatakuliahPengembanganSumberBelajardanPerencanaanPembelajaran (X) didukungpenerapanLife Based Learning terhadapvariabeldependenyaituhasilbelajar (Y) dengankoefisiendeterminasi (R2) sebesar 0 259 memilikiartibahwakemampuanvariabelbebasmempunyaidampakdalamvariabelterikatsebesar 25 9%dantermasukdalamkategoriRendah (4) Rekomendasidarihasilpenelitianditemukanpengaruhantarahasilbelajardengan proses pembelajaranLife Based Learning namunmasihdalamkategorirendahdanbelumdiatas 50% halinitentumenjadikendaladalampelaksanaanLife Based Learning dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46438

Actions (login required)

View Item View Item