Perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman web melalui model pembelajaran student facilitator and explaning dan student demonstration pada siswa kelas XII Multimedia di SMK 10 Malang / Iman Zulfahmi Mawarid

Mawarid, Iman Zulfahmi (2018) Perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman web melalui model pembelajaran student facilitator and explaning dan student demonstration pada siswa kelas XII Multimedia di SMK 10 Malang / Iman Zulfahmi Mawarid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawarid, Iman Z. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Web Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning dan Student Demonstration pada Siswa Kelas XII Multimedia di SMKN 10 Malang. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T. M. Pd. (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T, M.T. Kata Kunci: Pembelajaran Student Facilitator And Explaning, pembelajaran Student Demonstration, Hasil Belajar. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan suatu model pembelajaran dengan penyampaian materi atau bahan ajar dimana siswa mengembangkannya dan menjelaskan lagi ke siswa lainnya, kesimpulan dan evaluasi, serta guru menyimpulkan ide pendapat dari peserta didik lalu menerangkan semua materi yang disajikan saat itu. Dan model pembelajaran Student Demonstration yakni guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan dengan menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan, lalu menunjuk salah seorang peserta didik untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan dan seluruh peserta didik memperhatikan demontrasi dan menganalisanya. Tiap peserta didik mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman peserta didik didemontrasikan dan guru membuat kesimpulan. Peneliti melakukan observasi di SMKN 10 Malang dengan media wawancara kepada guru multimedia, dan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berupa (1) Mendeskripsikan hasil belajar ÔÇ£Pemrograman WebÔÇØ menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia di SMKN 10 Malang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar ÔÇ£Pemrograman WebÔÇØ menggunakan model pembelajaran Student Demonstration pada Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia di SMKN 10 Malang (3) Mengetahui signifikansi perbedaan pada hasil belajar ÔÇ£Pemrograman WebÔÇØ antara model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan model pembelajaran Student Demonstration pada Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia di SMKN 10 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaning dan pembelajaran Student Demonstration, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan melihat hasil posttest.. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaning dan pembelajaran Student Demonstration dengan melihat hasil posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46437

Actions (login required)

View Item View Item