Pengembangan e-learning menggunakan Edmodo pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi untuk siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Kota pasuruan / Rizqi Munawaroh

Munawaroh, Rizqi (2018) Pengembangan e-learning menggunakan Edmodo pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi untuk siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Kota pasuruan / Rizqi Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munawaroh Rizqi. 2016. Pengembangan E-learning Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi untuk Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M. Kom. (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata Kunci: E-learning , Edmodo, Animasi 2 Dimensi, kelas XI. E-learning adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan berbasis teknologi internet. Pembelajaran dengan E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu disamping untuk menyajikan materi pelajaran, E-learning juga dilengkapi fasilitas seperti forum sebagai tempat diskusi antar pengguna, ruang chatting, kuis (evaluasi) sebagai tolok ukur tingkat pemahaman pengguna terhadap materi, dan juga video pembelajaran untuk menambah pengetahuan pengguna terhadap materi yang disampaikan. Tujuan membuat media pembelajaran E-learning adalah memberikan kemudahan dan membantu siswa khususnya kelas XI SMK untuk jurusan Multimedia pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi, karena dengan Elearning materi dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet. Hal ini dilatar belakangi dari analisis yang dilakukan terhadap proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Animasi 2 Dimensi di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan ditemukan beberapa kesenjangan yang bersifat substansial yaitu pembelajatan Animasi 2 Dimensi sampai saat ini masih menggunakan buku-buku, modul dan bahan ajar yang terbatas. Hal ini diperkuat oleh data bahwa siswa di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan belum memiliki bahan ajar interaktif untuk melengkapi pembelajarannya, khususnya pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan menurut Sugiyono karena langkahnya sistematis sesuai dengan kebutuhan, ringkas, jelas, sederhana dan mudah dipahami sehingga mudah untuk dilakukan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan tahun pelajaran 2016-2017. Hasil validasi media pembelajaran berbasis E-learning dengan menggunakan Edmodo dari ahli media mendapat presentase 82,8%, dari ahli materi mendapat presentase 85,4% dan dari responden mendapat 89,7%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, media pembelajaran berbasis E-learning menggunakan Edmodo pada mata peajaran Animasi 2 Dimensi untuk siswa kelas XI jurusan Multimedia dapat disimpulkan valid/layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan. Mengetahui Ketua Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. NIP 19620703 199103 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46436

Actions (login required)

View Item View Item