Implementasi item analisis pada sistem informasi ujian online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Malang / Eko Arif Fatwa

Fatwa, Eko Arif (2018) Implementasi item analisis pada sistem informasi ujian online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Malang / Eko Arif Fatwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatwa, Eko Arif. 2016.Implmentasi item analisis pada Sistem Informasi Ujian Online di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Malang. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Siti Sendari S.T., M.T. (2) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom. Kata Kunci: Informasi, Sistem Informasi, Ujian Online, Website, Sekolah, Prototipe, Item Analisis, SMKN 8 Malang Duniapendidikan dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Contoh dari perkembangan pada bidang teknologi informasi adalah dengan adanya ujian online. Ujian online adalah ujian yang proses ujiandilaksanakanmenggunakan website yang diaksesmelaluijaringan komputer dalam pelaksanaannya. Pada saat ini di SMKN 8 Malang sudah menerapkan ujian online dengan baik namun pada sistem ini terdapat kekurangan yaitu, tidak terdapat analisis pada soal yang telah diujikan kepada siswa. Merujuk pada kekurangan dan kelemahan sistem ujian online, maka perlu adanya penerapan item analisis pada sistem ujian online yang ada di SMKN 8 Malang. Tujuan dari penerapan item analisis pada sistem informasi ujian online ini adalah untuk mempermudah guru dalam mendapatkan hasilanalisisdariujian yang sudahdilakkukanolehsiswa. Diharapkan dengan adanya fitur ini dapat mempermudah guru untuk meningkatkan kualitas kualitas soal dan pembelajaran di sekolah di SMKN 8 Malang. Model pengembangan yang gunakan dalam rancangan sistem informasi ujian online adalah pengembangan prototype. Model pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu: (1) komunikasi, (2) perencanaan secara cepat, (3) pemodelan perancangan secara cepat, (4) pembuatan prototype, dan (5) penyerahan dan umpan balik dari pengguna. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox, yakni untuk menguji fungsionalitasdanusabilitas sistem informasi yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian fungsionalitasoleh pengguna yakni ahli rekayasa perangkat lunak, admin, guru dan siswamendapatkan persentase sebesar 94.20%. Dengan presentase tersebut sistem ini masuk kategori sangat valid sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ujian online SMKN 8 Malang telah memenuhi kebutuhan fungsionalitasdansiapuntukdiimplmentasikanlebihlanjut di SMKN 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46434

Actions (login required)

View Item View Item