Hubungan kemandirian belajar dan persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ dengan hasil belajar bidang produktif Prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang / Muhammad Jumadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemandirian belajar dan persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ dengan hasil belajar bidang produktif Prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang / Muhammad Jumadi

Jumadi, Muhammad (2018) Hubungan kemandirian belajar dan persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ dengan hasil belajar bidang produktif Prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang / Muhammad Jumadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jumadi Muhammad. 2017. Hubungan Kemandirian Belajar dan Persepsi Terhadap Manajemen Laboratorium TKJ dengan Hasil Belajar Bidang Produktif Prodi TKJ Siswa Kelas X SMKN di Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci Kemandirian Belajar Persepsi Terhadap Manajemen Laboratorium TKJ Hasil Belajar Hasil belajar dalam proses pembelajaran menjadi faktor penentu berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan. Hasil belajar yang tinggi tidak akan didapatkan dengan mudah banyak hal yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas belajar siswa yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar. Hal tersebut datang dari dalam diri seperti kemandirian belajar dan luar siswa itu sendiri seperti persepsi terhadap manajemen laboratorium. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar (X1) tingkat persepsi terhadap manajemen laboratorium (X2) dan tingkat hasil belajar bidang produktif prodi TKJ (Y) (2) Mengungkap hubungan antara kemandirian belajar (X1) dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ (3) Mengungkap hubungan antara persepsi siswa terhadap manajemen laboratorium TKJ (X2) dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ (Y) dan (4) Mengungkap hubungan simultan antara kemandirian belajar (X1) dan persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ (X2) dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ (Y). Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah SMKN di Kabupaten Malang dengan jumlah responden 180 dan sampel sebanyak 124. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian yaitu (1) Tingkat kemandirian belajar bidang produktif prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang termasuk ke dalam kategori tinggi tingkat persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang termasuk ke dalam kategori tinggi tingkat hasil belajar bidang produktif prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang termasuk ke dalam kategori sedang (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar bidang produktif prodi TKJ dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang (4) Ada hubungan positif dan signifikan secara simultan antara kemandirian belajar bidang produktif prodi TKJ dan persepsi terhadap manajemen laboratorium TKJ dengan hasil belajar bidang produktif prodi TKJ siswa kelas X SMKN di Kabupaten Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46432

Actions (login required)

View Item View Item