Pengembangan modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran desain multimedia di SMK PGRI 02 Malang / Erik Yohan Kartiko

Kartiko, Erik Yohan (2018) Pengembangan modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran desain multimedia di SMK PGRI 02 Malang / Erik Yohan Kartiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartiko, Erik Yohan. 2017. Pengambangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Bassed Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK PGRI 02 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci : PjBL, Desain Multimedia, Desain Multimedia adalah salah satu mata pelajaran wajib pada program keahlian multimedia. Mata pelajaran ini menuntut siswa agar trampil dalam membuat proyek berbasis multimedia. Ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa tidak akan didapatkan jika siswa tidak melakukan praktek secara berulang. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan agar siswa melakukan praktek dengan runtutan yang jelas adalah metode PjBL. Dalam dunia kerja siswa lulusan multimedia dituntut mampu membuat desain digital dengan menggunakan perangkat komputer. Sementara itu sarana dan prasarana di sekolah sudah memenuhi syarat untuk dapat digunakan sebagai media praktek siswa. Disisi lain guru berpendapat bahwa belum adanya bahan ajar yang menunjang kegiatan praktek membuat guru lebih memilih mengajar dengan media seadanya di dalam kelas. Penelitian pengembangan ini menghasilkan modul digital berbasis PjBL yang dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri siswa. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 97% dan ahli media sebesar 81%. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 82,1%. Uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 84,9%. Kesimpulan dari validasi dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46431

Actions (login required)

View Item View Item