Interaksi antara faktor minat belajar dan penerapan model pembelajaran (inquiry dibvandingkan problem based learning) berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar Basis data pada siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kepanjen / Rian Hari Wiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi antara faktor minat belajar dan penerapan model pembelajaran (inquiry dibvandingkan problem based learning) berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar Basis data pada siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kepanjen / Rian Hari Wiyanto

Wiyanto, Rian Hari (2018) Interaksi antara faktor minat belajar dan penerapan model pembelajaran (inquiry dibvandingkan problem based learning) berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar Basis data pada siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Kepanjen / Rian Hari Wiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyanto Rian Hari. 2017. Interaksi Antara Minat Belajar Dan Variasi Model Pembelajaran (Inquiry dan PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Dinamis Terhadap Hasil Belajar Basis Data Pada Siswa Kelas Xi Rpl Di Smk Negeri 1 Kepanjen Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono P. M.Pd. M.T. (II) Drs. Suwasono M.T Kata kunci Minat Belajar Inquiry dan Problem Based Learning (PBL) Media Pembelajaran Dinamis Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Basis Data di SMK Negeri 1 Kepanjen Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak masih terdapat beberapa permasalahan pada proses pembelajaran diantaranya (1)model pembelajaran masih bersifat ceramah bermakna (2)penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik (3)minat dan hasil belajar rendah. Rancangan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1)interaksi antara minat belajar dan penerapan variasi model pembelajaran (Inquiry dan PBL) berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar basis data (2)perbedaan antara kelompok minat belajar siswa dan penerapan variasi model pembelajaran (Inquiry dan PBL) berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar basis data dan (3)perbedaan yang paling signifikan antara kelompok siswa dengan minat belajar rendah dan tinggi dengan Inquiry berbantuan media dan kelompok siswa dengan minat belajar rendah dan tinggi dengan PBL berbantuan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain True Experimental dan pola Factorial Design yang menggunakan dua kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen satu adalah siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan akan mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL dan Inquiry berbantuan media sedangkan untuk kelas eksperimen dua adalah siswa yang memiliki minat belajar rendah yang juga akan mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL dan Inquiry berbantuan media. Teknik analisis data hasil penelitian ini terdiri atas uji prasyarat analisis nilai ranah sikap pengetahuan dan keterampilan serta uji hipotesis menggunakan Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara minat belajar dan variasi model pembelajaran berbantuan media pembelajaran dinamis terhadap hasil belajar basis data dengan nilai Sig. 0 05 yaitu sebesar 0 019. Terdapat perbedaan yang signifikan antar masing-masing kelas yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 pada ranah pengetahuan 0 000 pada ranah keterampilan dan 0 000 pada ranah sikap. Perbedaan yang paling signifikan terdapat pada kelas PBL minat tinggi dan kelas PBL minat rendah dengan nilai Sig. sebesar 0 000 sedangkan kelas PBL minat tinggi dan kelas Inquiry minat rendah dengan nilai Sig. sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46430

Actions (login required)

View Item View Item