Pengembangan bahan ajar berbasis CDIO untuk struktur data dengan bahasa Python di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Felix Andika Dwiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis CDIO untuk struktur data dengan bahasa Python di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Felix Andika Dwiyanto

Dwiyanto, Felix Andika (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis CDIO untuk struktur data dengan bahasa Python di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Felix Andika Dwiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andika Felix. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CDIO untuk Struktur Data dengan Bahasa Python di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Aji Prasetya Wibawa S.T. M.M.T. Ph.d. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci bahan ajar struktur data python CDIO Struktur data adalah cara menyimpan dan merepresentasikan data dalam komputer agar dapat digunakan lebih efisien. Di Universitas Negeri Malang metode ini disajikan pada mata kuliah struktur data dalam teori dan praktikum untuk prodi Teknik Informatika. Berdasarkan observasi yang dilakukan terdapat permasalahan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep abstrak struktur data. Asumsi penyebab permasalahan tersebut adalah bahasa pemrograman yang digunakan dianggap relatif sulit dipahami. Selain itu bahan ajar yang telah lama digunakan dan metode pembelajaran yang bersifat tradisional berdampak pada proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat ditentukan solusi untuk mengatasi masalah. Solusi tersebut adalah mengembangkan bahan ajar struktur data menggunakan bahasa python dengan menerapkan metode pembelajaran CDIO didalamnya. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar tersebut diadopsi dari model pengembangan Dick and Carey. Langkah-langkah pengembangan yang digunakan sebagai berikut (1) Identifikasi tujuan pembelajaran (2) Analisis instruksional (3) Identifikasi perilaku dan karakteristik peserta didik (4) Merumuskan Tujuan Kinerja (5) Mengembangkan instrumen penilaian (6) Penerapan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) Uji formatif (9) Revisi produk. Hasil pengembangan ini berupa bahan ajar berupa modul cetak untuk program studi Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Bahan ajar yang telah dikembangkan telah melalui uji coba kelayakan. Analisis data yang dilakukan didapat persentase hasil akhir hasil uji oleh ahli materi sebesar 96 59% validasi oleh ahli media sebesar 92 01% hasil uji coba kelompok kecil sebesar 82 81% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 78 62%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bahan ajar praktikum struktur data dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46429

Actions (login required)

View Item View Item