Rekomendasi peneraimaan judul skrispsi dengan metode additive weighting pada sistem informasi skripsi dan tugas akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fauzan Cahya Ardli Arifin

Arifin, Fauzan Cahya Ardli (2018) Rekomendasi peneraimaan judul skrispsi dengan metode additive weighting pada sistem informasi skripsi dan tugas akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Fauzan Cahya Ardli Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin, Fauzan Cahya Ardli. 2017. Rekomendasi Penerimaan Judul Skripsi dengan Metode Simple Addative Weighting pada Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.MT., Ph.D., (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: Simple Addative Weighting (SAW), rekomendasi, skripsi, sistem informasi. Penentuan keputusan penerimaan judul skripsi pada Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang masih menggunakan metode manual dengan cara perundingan antara anggota Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Perundingan yang dilakukan terhambat oleh waktu setiap dosen. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah sistem rekomendasi penerimaan judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa pada sistem informasi skripsi dan tugas akhir (SISINTA) untuk membantu menentukan penerimaan judul skripsi mahasiswa. Sebuah fitur rekomendasi penerimaan judul skripsi ini memerlukan metode yang akan memberikan rekomendasi yang tepat, fitur rekomendasi ini menggunakan metode Simple Addative Weighting (SAW). SAW menghasilkan perhitungan pembobotan sesuai dengan nilai yang dimasukkan untuk mendapatkan nilai akhir yang akan dikonversikan kedalam rekomendasi penerimaan judul skripsi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) mengembangkan sistem informasi skripsi dan tugas akhir berbasis web dengan menerapkan metode SAW pada rekomendasi penerimaan judul skripsi, 2) Menghasilkan SPK yang dapat memutuskan penerimaan judul skripsi bagi mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototype. Tahapan model pengembangan prototype antara lain : (1) komunikasi, (2) perancangan secara cepat, (3) pembentukan prototype, dan (4) umpan balik. Teknik pengujian adalah teknik black box dan white box Rekomendasi penerimaan judul skripsi dengan metode Simple Addative Weighting dikembangkan dalam 2 siklus. Hasil pengujian prototype 1 menunjukkan mekanisme pendaftaran judul oleh mahasiswa sampai penentuan dosen pembimbing oleh koorprodi menghasilkan beberapa saran terhadap tampilan sistem. Pada siklus prototype 2 dilakukan perbaikan produk sesuai saran pada siklus 1. Hasil uji siklus 2 menunjukkan tidak ada sistem yang perlu revisi sehingga prototype 2 ini dijadikan sebagai produk akhir dan dapat disimpulkan produk sudah layak dan tidak diperlukan ke siklus selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46426

Actions (login required)

View Item View Item