Pengembangan pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X Program Studi Keahlian Teknik Elektronika di SMKN 2 Singosari / Gayan Laga

Laga, Gayan (2018) Pengembangan pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X Program Studi Keahlian Teknik Elektronika di SMKN 2 Singosari / Gayan Laga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Laga, Gayan. 2017. Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Program Studi Keahlian Teknik Elektronika di SMKN 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia, Teknik Listrik Teknik Listrik merupakan mata pelajaran dasar yang harus dipahami oleh siswa Program Studi Keahlian Teknik Elektronika sebelum mempelajari ilmu elektronika secara lebih jauh. Terdapat materi mata pelajaran Teknik Listrik yang tidak cukup dijelaskan dan digambarkan dengan lisan saja agar siswa memahaminya. Butuh suatu media pembelajaran yang dapat mensimulasikan penjelasan dari guru dan penjelasan tersebut dapat diulang terus sampai siswa paham. Selain itu teknik listrik merupakan hal baru bagi anak Kelas X dimana pada jenjang pendidikan SMP belum pernah mendapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memuat materi Teknik Listrik kelas X dalam bentuk deskripsi, simulasi, dan evaluasi yang dapat menjelaskan dan menggambarkan secara detail bagaimana suatu proses, peristiwa atau kejadian bisa terjadi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Adapun prosedur pengembangan ini adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah dosen sebagai ahli media, guru sebagai ahli materi, dan siswa Program Studi Keahlian Teknik Elektronika SMKN 2 Singosari. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden, yaitu angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, dan angket untuk siswa. Data hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan kriteria validitas analisis persentase. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli media diperoleh persentase sebesar 96,43% untuk ahli media, 95,37% untuk ahli materi, 80,3% untuk uji coba kelompok kecil, dan 84,45% untuk uji coba kelompok lapangan. Rata ÔÇô rata dari keempat validator tersebut adalah 89,14%. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini sudah valid dan tidak perlu revisi sesuai dengan pedoman kriteria tingkat kelayakan serta layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46421

Actions (login required)

View Item View Item