Pengembangan modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind maping untuk kelas XI TKJ di SMK Muhammadiyah 7 Malang / Harmi Puji Lestari

Lestari, Harmi Puji (2018) Pengembangan modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind maping untuk kelas XI TKJ di SMK Muhammadiyah 7 Malang / Harmi Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari, Harmi Puji. 2017. Pengembangan Modul Cetak Komputer Terapan Jaringan Berbasis Mind Maping Untuk Kelas XI TKJ di SMK Muhammadiyah 7 Malang. Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Ir.H.Syaad Patmanthara, M.pd. (2) M. Zainal Arifin, S,Si., M.Kom. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Cetak, Mind Mapping, Komputer Terapan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti yang berupa wawancara dengan guru mata pelajaran komputer terapan jaringan di SMK Muhammdiyah 7 Malang, terdapat permasalahan yang terjadi saat kegiatan pembelajaran di kelas yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan masih terfokus pada guru; (2) terbatasnya bahan ajar komputer terapan di sekolah; (3) modul yang digunakan adalah modul BSE yang belum sesuai dengan silabus kurikulum 2013; (4) rendahnya minat baca dan kurangnya pengetahuan siswa pada mata pelajaran komputer terapan jaringan. Terkait dengan permasalahan diatas, peneliti memberikan solusi yaitu dengan pengembangan modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind mapping, tujuan menggunakan modul berbasis mind mapping ini agar peserta didik dapat memetakan konsep - konsep materi komputer terapan jaringan dan dapat mengetahui hubungan materi satu dengan yang lainnya. Tujuan dari produk ini adalah: (1) merancang modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind mapping, (2) mengembangkan modul cetak pada mata pelajaran komputer terapan jaringan, (3) menguji tingkat kelayakan modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind mapping. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah Pengembangan Research and Development adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan Sugiyono meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi masal. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan rumus yang mengacu pada Akbar dan Sriwiyana, didapatkan presentase dari ahli media sebesar 85.15%, ahli materi 97.44%, hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 85.44% dan hasil uji coba kelompok besar dengan pencapaian persentase 86.07%, Berdasarkkan interpretasi data menurut Akbar dan Sriwiyana (2012;213) hasil tersebut dinyatakan ÔÇ£sangat validÔÇØ dari batas minimum persentase validitas sebesar 75.01%. Sehingga dapat disimpulkan modul cetak komputer terapan jaringan berbasis mind mapping layak digunakan sebagai media belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46420

Actions (login required)

View Item View Item