Kontribusi efektivitas pembimbingan dan kemandirian pelaksanaan KPL terhadap prestasi KPL mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang / B. Zuroidatul Mahmudiyah

Mahmudiyah, B. Zuroidatul (2018) Kontribusi efektivitas pembimbingan dan kemandirian pelaksanaan KPL terhadap prestasi KPL mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang / B. Zuroidatul Mahmudiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudiyah, B. Zuroidatul. 2017. Kontribusi Efektivitas Pembimbingan dan Kemandirian Pelaksanaan KPL terhadap Prestasi KPL Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2013 Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd., (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Kata Kunci : efektivitas pembimbingan, kemandirian pelaksanaan KPL, prestasi KPL Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan dengan 55 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013, diketahui bahwa tingkat pembimbingan dan kemandirian mahasiswa masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa belum optimalnya proses pembimbingan yang dilakukan mahasiswa, serta belum sepenuhnya sikap mandiri mahasiswa yang menjadi penilaian KPL ditanamkan pada diri mereka. Padahal, apabila pembimbingan dan kemandirian dilaksanakan dengan baik, maka prestasi yang akan dicapai akan baik pula. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh deskripsi tentang efektivitas pembimbingan (X1), kemandirian pelaksanaan KPL (X2), dan prestasi KPL (Y), (2) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 terhadap Y, (3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 terhadap Y, (4) mengungkap signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y, dan (5) memperoleh besar kontribusi X1 dan X2 terhadap Y. Penelitian kuantitatif secara deskriptif korelasional ini dilakukan pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang dengan jumlah populasi sebanyak 201 mahasiswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 67 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengukur variabel X1 dan X2 menggunakan instrumen penelitian berupa angket, sedangkan untuk mengukur variabel Y melalui dokumentasi berupa nilai KPL yang diperoleh dari LP3 (Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan analisis regresi linier berganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Science) 20 for Windows. Kesimpulannya adalah: (1) variabel X1 tergolong tinggi, variabel X2 tergolong rendah, dan variabel Y tergolong tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 terhadap Y, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 terhadap Y, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 terhadap Y, dan (5) besar kontribusi X2 lebih besar daripada X1 terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46414

Actions (login required)

View Item View Item