Pengembangan modul digital pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas XI di SMKN 1 Udanawu Blitar / Akhmad Habib Zain Al-Hadad

Al-Hadad, Akhmad Habib Zain (2018) Pengembangan modul digital pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas XI di SMKN 1 Udanawu Blitar / Akhmad Habib Zain Al-Hadad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Habib Zain, Akhmad. Pengembangan Modul Digital pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kelas XI di SMKN 1 Udanawu Blitar. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci : Modul Digital, Rancanga Bangun Jaringan, Kurikulum 2013, Model Pengembangan Sugiono. Media belajar dalam proses pembelajaran memiliki peran penting untuk mendukung keberhasilan belajar siswa. Terlebih lagi sekolah dituntut menggunakan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum 2013. Pada semua mata pelajaran di Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk belajar mandiri dan aktif, salah satunya yaitu pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran penting dan siswa harus dapat mengusai semua materi karena nantinya akan dibawa siswa sebagai bekal di dunia kerja. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan kelas XI semester gasal program keahlian TKJ di SMKN 1 Udanawu Blitar. Pengembangan modul digital ini akan diuji kevalidan serta kelayakannya untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiono, tahap pengembangannya meliputi: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7)revisi produk; dan 8) uji coba pemakaian; 9) Revisi Produk II; dan 10) Produksi masal. Produk yang telah jadi berupa modul digital akan diuji kevalidan dan kelayakanya oleh masing-masing ahli. Pengujian dilakukan oleh ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba pemakaian. Pengujian yang dilakukan ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,5%. Pengujian ahli media memperoleh presentase sebesar 90,63%, sedangkan untuk pengujian pada kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 88% dan untuk uji coba lapangan mendapatkan presentase sebesar 87,92%. Berdasarkan data yang didapatkan maka disimpulkan bahwa modul digital Rancang Bangun Jaringan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46411

Actions (login required)

View Item View Item