Pengembangan buku digital interaktif dengan model project based learning pada animasi 2 dimensi bagi siswa kelas XI Program Keahlian Animasi SMK di Malang / Abi Makruf Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital interaktif dengan model project based learning pada animasi 2 dimensi bagi siswa kelas XI Program Keahlian Animasi SMK di Malang / Abi Makruf Prastyo

Prastyo, Abi Makruf (2018) Pengembangan buku digital interaktif dengan model project based learning pada animasi 2 dimensi bagi siswa kelas XI Program Keahlian Animasi SMK di Malang / Abi Makruf Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastyo Abi Makruf. 2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Dengan Model Project Based Learning Pada Animasi 2 Dimensi Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Animasi SMK Di Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Buku Digital Animasi 2 Dimensi Penelitian pengembangan banyak dilakukan di berbagai bidang sesuai dengan tujuan dari penelitian yang dilakukan termasuk di bidang pendidikan. Latar belakang dari penelitian pengembangan ini adalah penggunaan media pembelajaran yang masih kurang maksimal sehingga belum adanya rasa kemandirian siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa SMK Negeri di Kota Malang diperoleh potensi dan masalah yang muncul. Potensi yang ada yaitu persentase kepemilikikan perangkat komputer yang mencapai lebih dari 85%. Sedangkan permasalahan yang muncul media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran terkesan monoton sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu dibutuhkan adanya tambahan dalam mengembangkan media pembelajaran seperti adanya animasi video dan evaluasi agar produk yang dihasilkan dapat menjadi media pembelajaran yang lebih menarik dan siswa dapat mempelajari materi secara mandiri tanpa harus adanya guru. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan media yang digunakan mata pelajaran Animasi 2 Dimensi di SMK Malang (2) mengembangkan buku digital yang layak sebagai media mata pelajaran Animasi 2 Dimensi yang ada di Malang dan (3) mengetahui kelayakan media mata pelajaran Animasi 2 Dimensi yang dirancang di SMKN 2 Singosari. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implementation Evaluate). Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket diperoleh hasil dari ahli materi I dan II sebesar 92 9% dari ahli media memperoleh 89% serta dari peserta didik sebesar 91 3%. Secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata dari seluruh validator sebesar 91.06%. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan buku digital interaktif pada pembelajaran Animasi dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46407

Actions (login required)

View Item View Item