Identifikasi minat mahasiswa untuk tidak berkarir sebagai guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Rifqi Akbar Rahmatulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi minat mahasiswa untuk tidak berkarir sebagai guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Rifqi Akbar Rahmatulloh

Rahmatulloh, Rifqi Akbar (2018) Identifikasi minat mahasiswa untuk tidak berkarir sebagai guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Rifqi Akbar Rahmatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmatulloh Rifqi Akbar. 2017. Identifikasi Minat Mahasiswa untuk Tidak Berkarir Sebagai Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri. Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata kunci Minat Karir Tidak Menjadi Guru Mahasiswa PTI Jurusan Teknik Elektro sebagai salah satu jurusan di Universitas Negeri Malang mengemban tugas utama selaku penyelenggara pendidikan akademik dalam kelompok bidang teknik elektro mempunyai beberapa program studi kependidikan dan non-kependidikan yang sama-sama bertujuan untuk mendapatkan lulusan dengan siap kerja secara profesional. Pada hakekatnya mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dipersiapkan untuk menjadi calon pendidik atau guru informatika yang profesional dan berwawasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan minat mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang untuk tidak berkarir sebagai guru dari aspek internal mahasiswa. (2) Mendeskripsikan minat mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang untuk tidak berkarir sebagai guru dari aspek eksternal mahasiswa. (3) Mengungkap aspek-aspek dominan yang mempengaruhi minat mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang untuk tidak berkarir sebagai guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2013 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan jumlah populasi sebanyak 224 mahasiswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 144 mahasiswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan tahap tabulasi data dan tahap analisis data yang menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 aspek internal dan 3 aspek eksternal yang memiliki pengaruh dengan total presentase (%) tertinggi yang merupakan aspek-aspek dominan yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk tidak memilih berkarir sebagai guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013. Aspek internal yaitu (1) variabel emosional dengan total skor 71% dengan kategori cukup tinggi (2) variabel passion dengan total skor 71%dengan kategori cukup tinggi dan (3) aspek kemampuan akademik dengan skor total 66% dengan kategori cukup tinggi. Aspek eksternal yaitu (1) variabel sarana dan prasarana dengan total skor 83% dengan kategori (2) variabel penghargaan finansial dengna total skor 76% dengan kategori tinggi dan (3) aspek informasi dunia kerja dengan skor total 83% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46406

Actions (login required)

View Item View Item