Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap hasil belajar matakuliah dasar pemrograman komputer mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Isabella P. Maharani

Maharani, Isabella P. (2018) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap hasil belajar matakuliah dasar pemrograman komputer mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Isabella P. Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani, Isabella P. 2017. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Dasar Pemrograman Komputer Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom (2) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. Kata Kunci: faktor internal, faktor eksternal, hasil belajar pemrograman. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri individu, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi faktor internal, faktor eksternal, dan hasil belajar pada matakuliah Dasar Pemrograman Komputer mahasiswa S1 PTI UM, (2) signifikansi pengaruh faktor internal terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer mahasiswa S1 PTI UM, (3) signifikansi pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer mahasiswa S1 PTI UM, dan (4) signifikansi pengaruh secara simultan faktor internal dan faktor eksternal terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer mahasiswa S1 PTI UM. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari faktor internal (X ) dengan sub variabel (1) minat belajar, (2) kreativitas belajar, dan (3) kemandirian belajar dan faktor eksternal (X ) dengan sub variabel (1) lingkungan keluarga, (2) lingkungan sekolah, dan (3) lingkungan masyarakat. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer (Y). Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 PTI UM angkatan 2013 ÔÇô 2016 yang berjumlah 693 mahasiswa dan sampel yang digunakan berjumlah 170 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pengaruh faktor internal terhadap hasil belajar diperoleh nilai t (6,781) lebih besar dari nilai t (1,974) dengan signifikansi 0,000 maka faktor internal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer. Analisis pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar diperoleh nilai t (3,767) lebih besar dari nilai t (1,974) dengan signifikansi 0,000 maka faktor eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer. Analisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap hasil belajar diperoleh nilai F (42,403) lebih besar dari nilai F (3,050) dengan signifikansi 0,000 maka faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer.Besar R adalah 0,337. Hal ini berarti hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer dipengaruhi oleh faktor internal (X ) dan faktor eksternal (X ) sebesar 33,7% sedangkan sisanya 66,3% disebabkan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matakuliah Dasar Pemrograman Komputer mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46404

Actions (login required)

View Item View Item