Hubungan antara kompetensi kepribadian dengan keterlaksanaan lesson study dalam kajian praktik lapangan II dari calon guru pada mahasiswa Program S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang / Muhamad Chamim Jazuli

Jazuli, Muhamad Chamim (2018) Hubungan antara kompetensi kepribadian dengan keterlaksanaan lesson study dalam kajian praktik lapangan II dari calon guru pada mahasiswa Program S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang / Muhamad Chamim Jazuli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jazuli, Muhamad Chamim. 2017. Hubungan antara Kompetensi Kepribadian dengan Keterlaksanaan Lesson Study dalam Kajian Praktik Lapangan II dari Calon Guru pada Mahasiswa Program S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2013 Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd, (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: kompetensi kepribadian, keterlaksanaan lesson study, hubungan pelaksanaan KPL II Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan dengan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 yang telah melakukan KPL, diketahui bahwa mahasiswa sebagai guru model merasakan keberadaan mereka dalam kelas lesson study kuramg diperlakukan layaknya guru sekolah. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kompetensi kepribadian dan lesson study dari mahasiswa calon guru tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa belum optimalnya proses pembelajaran lesson study dalam kelas oleh guru model dan mengindikasikan bahwa tidak sepenuhnya sikap mahasiswa guru model mencerminkan kompetensi kepribadian guru.hal tersebut dapat terjadi dikarenakan kompetensi kepribadian merupakan salah satu faktor penyumbang keterlaksanaan lesson stady tercapai Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh deskripsi tingkat kompetensi kepribadian (2) memperoleh deskripsi tingkat keterlaksanaan lesson study (3) mengungkap signifikansi hubungan antara kompetensi kepribadian dengan keterlaksanaan lesson (4) mengungkap tingkat sumbangan kompetensi kepribadian terhadap keterlaksanaan lesson study mahasiswa calon guru. Penelitian kuantitatif secara deskriptif korelasional ini dilakukan pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2013 Universitas Negeri Malang dengan jumlah populasi sebanyak 199 mahasiswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 67 mahasiswa dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara. Instrumen wawancara digunakan untuk lebih mendeskripsikan jawaban dari mahasiswa guru model dalam pelaksanaan lesson study pada kegiatan KPL II. Dalam penelitian ini juga dikumpulkan video pelaksanaan lesson study dari mahasiswa guru model untuk lebih memperkuat hasil penelitian Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis anova satu arah (regresi linier sederhana). Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Science) 20 for Windows. Kesimpulannya adalah: (1) tingkat kompetensi kepribadian tergolong tinggi (2) tingkat keterlaksanaan lesson study tergolong tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif dan antara kompetensi kepribadian dengan keterlaksanaan lesson study (4) tingkat tingkat sumbangan kompetensi kepribadian terhadap keterlaksanaan lesson study mahasiswa calon guru tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46402

Actions (login required)

View Item View Item