Perbandingan hasil belajar visual basic melalui model challenge based learning dan model project based learning pada siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Daniel Arya Nugraha

Nugraha, Daniel Arya (2018) Perbandingan hasil belajar visual basic melalui model challenge based learning dan model project based learning pada siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Daniel Arya Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Daniel Arya. Perbandingan Hasil Belajar Visual Basic melalui Model Challenge Based Learning Dan Project Based Learning Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Di SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang. Jurusan Teknik Elektro , Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd Kata Kunci : Challenge Based Learning, Project Based Learning, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang pada kelas XI RPL 1 yang menggunakan model pembelajaran project based learning di dapatkan beberapa permasalahan. Siswa yang berada pada bagian belakang terlihat kurang aktif (pasif), siswa hanya mendengarkan arahan dari guru dan terlihat beberapa siswa yang mengantuk di dalam kelas, bercanda, bermaiin handphone, menduplikasi hasil proyek kerja temannya. Hal tersebut yang menyebabkan hasil belajar pada beberapa siswa mendapatkan nilai dibawah KKM Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning dan Project Based Learning. Model pembelajaran Challernge Based Learning (CBL) merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada penyelesaian sebuah tantangan yang di berikan oleh guru baik individu maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen model quasi ekperimental dengan desain nonequivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model Challenge Based Learning dan Project Based Learning serta variabel terikat hasil beelajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil belajar Visual Basic pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 87,12 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan 78,30; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan pada mata pelajaran Visual Basic dengan model CBL dan PjBL pada siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang; (3) Terdapat peredaan signifikan efektifitas dan efisiensi hasil belajar dalam mata pelajaran Visual Basic menggunakan model pembelajaran CBL dan PjBL pada siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46399

Actions (login required)

View Item View Item