Perbandingan model pembelajaran creative problem solving dan model problem posing learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK N 2 Turen / Nurwahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran creative problem solving dan model problem posing learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK N 2 Turen / Nurwahidah

Nurwahidah (2018) Perbandingan model pembelajaran creative problem solving dan model problem posing learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK N 2 Turen / Nurwahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurwahidah. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Model Problem Posing Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X SMK N 2 Turen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Creative Problem Solving Problem Posing Hasil belajar Penerapan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai mempengaruhi kualitas hasil belajar. Model pembelajaran creative problem solving dan problem posing learning dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran simulasi digital. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa untuk berfikir secara kreatif dalam pemecahan masalahan dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan ranah sikap dan ranah keterampilan siswa pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan model problem posing learning pada siswa kelas X SMK N 2 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Desain peneltian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model problem posing learning. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar ranah pengetahuan antara siswa yang belajar menggunakan model CPS dan PPL (nilai sig. 2 tailed 0 015

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46398

Actions (login required)

View Item View Item