Metode term frequency-invers document frequency pada mekanisme pencarian judul skripsi dalam sistem informasi skripsi dan tugas akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Meiga Ayu Ariyanti Nur Fitroh

Fitroh, Meiga Ayu Ariyanti Nur (2018) Metode term frequency-invers document frequency pada mekanisme pencarian judul skripsi dalam sistem informasi skripsi dan tugas akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Meiga Ayu Ariyanti Nur Fitroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitroh, Meiga Ayu Ariyanti Nur. 2017. Metode Term Frequency - Invers Document Frequency pada Mekanisme Pencarian Judul Skripsi dalam Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.MT., Ph.D., (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: Term Frequency - Invers Document Frequency, TF-IDF, pencarian, skripsi, sistem informasi. Tahap awal dari penyusunan skripsi dimulai dari penentuan topik dan merangkai kalimat judul yang tepat. Penyusun judul skripsi memerlukan referensi skripsi terdahulu. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah sistem fitur pencarian judul skripsi pada sistem informasi skripsi dan tugas akhir (SISINTA) untuk membantu proses penyusunan skripsi. Sebuah fitur pencarian memerlukan metode yang akan mengoptimalkan hasil pencarian. fitur pencarian judul skripsi ini menggunakan metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF). TF-IDF menghasilkan perhitungan pembobotan untuk mendapatkan judul yang relevan tersusun sesuai dengan tingkat pembobotan berdasarkan query masukan oleh pengguna. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) merancang dan membangun mekanisme pencarian dengan metode TF-IDF sebagai salah satu fitur yang ada pada SISINTA, (2) menguji akurasi, presisi, dan sensitifitas metode TFIDF, dan (3) menguji fungsionalitas mekanisme pencarian dengan metode TF-IDF. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototype. Tahapan model pengembangan prototype meliputi: (1) komunikasi, (2) perencanaan secara cepat, (3) pembentukan prototipe, dan (4) penyerahan sistem dan umpan balik. Teknik pengujian yang digunakan adalah teknik pengujian blackbox dan white-box. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa fitur mekanisme pencarian judul skripsi dengan metode term frequency dan invers document frequency (TF-IDF). Fitur tersebut dapat menampilkan hasil pencarian judul skripsi yang relevan sesuai dengan kata kunci pencarian oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian whitebox yang dilakukan dengan pengujian akurasi, presisi dan sensitifitas didapatkan persentase yang sama yaitu sebesar 92%. Hasil tersebut termasuk kategori sempurna. Hasil uji coba kepada pengguna yang merupakan pengujian black-box menghasilkan keberhasilan fungsionalitas sebesar 100%. Berdasarkan hasil ratarata pengujian white-box dan black-box diperoleh persentase sebesar 96%, sehingga dapat disimpulkan metode TF-IDF dalam mekanisme pencarian judul skripsi SISINTA ini sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46396

Actions (login required)

View Item View Item