Pengaruh model pembelajaran drill and practice terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pemrograman dasar kelas X RPL di SMK 1 Sukorejo / Inas Farah Mufidah

Mufidah, Inas Farah (2018) Pengaruh model pembelajaran drill and practice terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pemrograman dasar kelas X RPL di SMK 1 Sukorejo / Inas Farah Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah, Inas Farah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Drill and Practice terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: model pembelajaran, drill and practice, hasil belajar, pemrograman dasar. Kemampuan pemahaman yang rendah dan tingkat keaktifan siswa yang rendah dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model pembelajaran drill and practice terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experiment dan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siwa kelas X RPL SMK Negeri 1 Sukorejo tahun angkatan 2017/2018 sejumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan pada kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran drill and practice sejumlah 36 siswa dan 36 siswa pada kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pengaruh model pembelajaran drill and practice adalah uji-t menggunakan teknik Independent Sample t-Test. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS 16 for windows. Hasil uji hipotesis hasil belajar ranah afektif menunjukkan bahwa thitung (3,920) > ttabel (1,689), ranah kognitif yaitu thitung (7,301) > ttabel (1,689), sedangkan ranah psikomotorik yaitu thitung (3,547) > ttabel (1,689), dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran drill and practice terhadap hasil belajar ranah afektif, kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran drill and practice berpengaruh postif terhadap hasil belajar ranah afektif, kognitif dan psikomotorik mata pelajaran pemrograman dasar kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46393

Actions (login required)

View Item View Item