Studi tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota batu / Gisra Rahmadhita - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota batu / Gisra Rahmadhita

Rahmadhita, Gisra (2018) Studi tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota batu / Gisra Rahmadhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadhita Gisra. 2017. Studi Tentang Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Batu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. (II) I Made Wirawan S.T. M.T. Kata Kunci Supervisi Pembelajaran SMK Teknik Komputer dan Informatika Pelaksanaan supervisi pembelajaran tidak luput dari beberapa hambatan yang dialami oleh guru yaitu adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan guru agar melakukan penelitian tindakan kelas untuk kenaikan pangkatnya. Namun permasalahan yang muncul yaitu guru masih belum memiliki kualitas diri yang baik untuk melakukan penelitian dengan baik dan guru belum bisa dalam menyeimbangkan antara proses pembelajaran dan penelitian yang dilakukan. Jumlah pengawas yang tersedia di lapangan tidak sebanding dengan guru yang disupervisi. Hal ini seringkali menyebabkan pengawas kewalahan dan tidak jarang hasilnya juga kurang memuaskan. Perubahan kurikulum yang terlalu sering dengan tempo yang singkat. Hal ini menjadi masalah ketika ditemukan kesenjangan personal guru dalam menyesuaikan dengan peraturan baru. Sehingga energi dan waktu supervisor banyak terkuras untuk membantu guru-guru tersebut. Akhirnya keadaan ini berimbas pada kewajiban penting supervisor yang lain seperti menyusun program pengawasan melaksanakan pembinaan guru melaksanakan evalusi hasil pelaksanaan program pengawasan membimbing profesional guru pelaporan hasil pengawasan dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Batu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru produktif Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Batu yang meliputi Multimedia Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan dengan jumlah 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populatif yang berarti semua subyek dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen menggunakan validasi konstruk oleh tim ahli Sedangkan untuk uji validasi isi yang diujicobakan pada guru produktif dengan jumlah 8 responden di SMK Ma arif Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Batu yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu 1) penyusunan rencana kegiatan pembelajaran memiliki nilai persentase yang mayoritas berada dalam kategori baik 2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran memiliki nilai persentase tinggi terdapat pada kategori sangat baik 3) pelaksanaan penilaian hasil belajar memiliki nilai persentase terbesar berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46392

Actions (login required)

View Item View Item