Pengembangan buku digital interaktif dengan mengintegrasikan pendekatan contextual teaching learning pada pembelajaran perakitan komputer siswa SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri di Kota Malang / Rizky Dwi Hidayat

Hidayat, Rizky Dwi (2018) Pengembangan buku digital interaktif dengan mengintegrasikan pendekatan contextual teaching learning pada pembelajaran perakitan komputer siswa SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri di Kota Malang / Rizky Dwi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Rizky Dwi. 2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Dengan Mengintegrasikan Contextual Teaching Learning Pada Pembelajaran Perakitan Komputer Siswa SMK Program Keahlian TKJ SMK Negeri Di Kota Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (II) Drs. Suwasono, M.T. Kata Kunci: Buku Digital, CTL, Perakitan Komputer Penelitian pengembangan banyak dilakukan di berbagai bidang sesuai dengan tujuan dari penelitian yang dilakukan, termasuk di bidang pendidikan. Latar belakang dari penelitian pengembangan ini adalah penggunaan berbagai macam media pembelajaran yang masih kurang maksimal, dan pemanfaatan perangkat smartphone Android sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil survey dan observasi yang dilakukan di beberapa SMK di Kota Malang, diperoleh potensi dan masalah yang muncul. Potensi yang ada yaitu persentase kepemilikikan perangkat smartphone Android yang mencapai >85%. Sedangkan permasalahan yang muncul, media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran terkesan monoton sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu dibutuhkan adanya inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran agar produk yang dihasilkan dapat menjadi media pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan nedia pembelajaran yang digunakan pada SMK di kota Malang, (2) mengembangkan media pembelajaran berupa buku digital interaktif pada pembelajaran Perakitan Komputer, serta (3) mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, diperoleh hasil dari seluruh kegiatan uji coba, secara keseluruhan pengembangan media pembelajaran berupa buku digital interaktif pada pembelajaran Perakitan Komputer adalah cukup valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46391

Actions (login required)

View Item View Item