Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas RPL di SMK Telkom Darul Ulum Peterongan Jombang / Okky Soya Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas RPL di SMK Telkom Darul Ulum Peterongan Jombang / Okky Soya Ratnasari

Ratnasari, Okky Soya (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas RPL di SMK Telkom Darul Ulum Peterongan Jombang / Okky Soya Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Okky Soya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matapelajaran Simulasi Digital Kelas X RPL di SMK Telkom Darul Ulum Peterongan Jombang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom Kata Kunci Inkuiri Hasil Belajar Simulasi Digital Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMK Telkom Darul Ulum Jombang khususnya pada siswa kelas X RPL 2 untuk mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning model pembelajaran ini diterapkan dengan tidak utuh sehingga fase-fase PjBL tidak berjalan dengan semestinya. Sedangkan proses pembelajarannya lebih banyak praktikum dari pada penyampaian teori karena dianggap jika siswa banyak diberi teori maka siswa kurang bisa mempraktikkan. Namun pada kenyataannya dengan proses pembelajaran yang demikian hasil ujian baik teori maupun praktek pada sebagian besar siswa masih berada di bawah KKM yakni 57% dari 27 siswa sehingga belum memenuhi kompetensi kelulusan pada matapelajaran Simulasi Digital materi Membuat Slide Presentasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) Model penelitian ini terdiri dari beberapa langkah yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi yang selanjutnya diikuti oleh siklus spiral berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tes tertulis dan observasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan RPL 2 tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada ranah sikap yang awalnya pada siklus 1 hanya 68% pada siklus 2 naik menjadi 72% dan pada siklus 3 menjadi 100%. Pada ranah pengetahuan yang awalnya pada siklus 1 hanya 20% pada siklus 2 naik menjadi 68% dan pada siklus 3 menjadi 100%. Pada ranah keterampilan yang awalnya pada siklus 1 hanya 16% pada siklus 2 naik menjadi 64% dan pada siklus 3 menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46390

Actions (login required)

View Item View Item