Perbandingan penerapan model pembelajaran PjBL dengan metode drill dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan metode feedback pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman web dinamis siswa kelas XI RPL di SMKN 6 Malang / Syaichul Fitrian Akbar

Akbar, Syaichul Fitrian (2018) Perbandingan penerapan model pembelajaran PjBL dengan metode drill dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan metode feedback pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman web dinamis siswa kelas XI RPL di SMKN 6 Malang / Syaichul Fitrian Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbar, Syaichul Fitrian. 2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Metode Drill Dibandingkan dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Metode Feedback Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Dinamis Siswa Kelas XI RPL di SMKN 6 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (2) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T. Kata Kunci: project based learning, drill, feedback, hasil belajar, pemrograman web dinamis Hasil belajar Pemrograman Web Dinamis siswa kelas XI RPL SMKN 6 Malang belum memuaskan. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru RPL SMKN 6 Malang, lebih dari 50% siswa belum mencapai KKM pada mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis, sehingga guru memberikan remidial agar KKM tercapai. Berdasarkan masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian ÔÇ£Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Metode Drill (X1) Dibandingkan dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Metode Feedback (X2) Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Dinamis (Y) Siswa Kelas XI RPL di SMKN 6 MalangÔÇØ. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan tingkat Y karena pengaruh penerapan X1; (2) mendeskripsikan tingkat Y karena pengaruh penerapan X2; dan (3) mengungkapkan signifikansi perbedaan rerata Y karena pengaruh penerapan X1 dibandingkan dengan penerapan X2. Penelitian ini mengguanakan rancangan quasi experiment dan desain penelitian post-test only. Penelitian dilakukan pada siswa XI RPL SMKN 6 Malang 2016/2017 sejumlah 68 siswa. Sampel adalah 35 siswa kelas XI RPL 2 sebagai kelompok A dengan penerapan X1 dan 33 siswa kelas XI RPL 3 sebagai kelompok B dengan penerapan X2. Instrumen pengukuran berupa tes pengetahuan (post-test) dan lembar penilaian keterampilan. Uji hipotesis menggunakan teknik Independent Sample t-Test, berbantuan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan setelah penerapan X1; (2) terdapat peningkatan setelah penerapan X2; (3) nilai signifikasi rerata Y ranah pengetahuan adalah sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05; (4) nilai signifikasi rerata Y ranah keterampilan adalah sig.(2-tailed) 0,024 < 0,05. Hasil tersebut mendukung penelitian sebelumnya, bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian adalah tingkat hasil belajar Pemrograman Web Dinamis lebih tinggi setelah perlakuan, serta adanya signifikansi perbedaan rerata Y karena pengaruh penerapan X1 dan penerapan X2. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah (1) dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi, (2) penelitian lebih lanjut menggunakan model atau metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46387

Actions (login required)

View Item View Item