Pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran pemrograman perangkat bergerak untuk siswa kelas XII RPL di SMK / Diky Megawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran pemrograman perangkat bergerak untuk siswa kelas XII RPL di SMK / Diky Megawanto

Megawanto, Diky (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran pemrograman perangkat bergerak untuk siswa kelas XII RPL di SMK / Diky Megawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Megawanto Diky. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Untuk Siswa Kelas XII RPL di SMK. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar pemrograman perangkat bergerak model ADDIE Pemrograman Perangkat Bergerak adalah salah satu mata pelajaran SMK yang baru diterapkan pada kurikulum 2013. Sebagai sekolah sample tempat dilakukannya observasi yakni di SMKN 12 Malang masih kesulitan dalam menemukan bahan ajar untuk siswa yang sesuai dengan materi pada silabus kurikulum 2013. Dengan kondisi tersebut diperlukan suatu pengembangan bahan ajar yang tepat guna dapat dipelajari di sekolah dan mandiri di rumah. Bahan ajar yang akan dikembangkan berbasis web yang didalamnya memuat modul (.pdf) dan video ajar (.mp4) serta dapat diakses melalui perangkat mobile. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar berbasis web mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak. Metode penelitian dan pengembangan yang akan digunakan dalam pengembangan bahan ajar adalah ADDIE. Terdapat 5 langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi 5) Evaluasi. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket diperoleh hasil 93 75% dari review ahli materi 91 5% dari review ahli media 86 25% dari uji coba kelompok kecil dan 87 37% dari uji coba lapangan. Dari hasil analisis data keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 89 71%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46386

Actions (login required)

View Item View Item