Perbandingan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar jaringan dasar pada kelas X Multimedia SMK Negeri 5 Malang / Amadeuz Ezrafel - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar jaringan dasar pada kelas X Multimedia SMK Negeri 5 Malang / Amadeuz Ezrafel

Ezrafel, Amadeuz (2018) Perbandingan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar jaringan dasar pada kelas X Multimedia SMK Negeri 5 Malang / Amadeuz Ezrafel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ezrafel Amadeuz. 2017. Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Jaringan Dasar pada Kelas X Multimedia SMK Negeri 5 Malang Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (II) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT) Student Teams Achievement Division (STAD) Hasil Belajar Jaringan Dasar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung dengan guru di SMK Negeri 5 Malang Program Keahlian Multimedia pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X masih terdapat berbagai permasalahan pada pembelajaran yaitu (1) kebergantungan siswa pada guru (2) kurangnya interaksi dan aktivitas belajar siswa (3) hasil belajar yang rendah. Model pembelajaran yang diterapkan guru cenderung mengarah pada pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Rancangan penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar posttest pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Program Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2016/2017 pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kelas kontrol yang menggunakan tipe STAD dan (2) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pretest dan posttest pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Program Keahlian Multimedia Tahun Pelajaran 2016/2017 pada kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental dan pola nonequivalent control group. Penelitian ini memakai dua kelas yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan NHT dan kelas kontrol tetap memakai pembelajaran semula yaitu tipe STAD. Teknik analisis data hasil penelitian ini terdiri atas uji prasyarat analisis nilai ranah sikap pengetahuan dan keterampilan serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar posttest antara kelas eksperimen dan kontrol yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (84 92) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (77 24) dan nilai sig

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46385

Actions (login required)

View Item View Item