Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran simulasi digital kompetensi dasar simulasi visual untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang / Heri Mahabakti Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran simulasi digital kompetensi dasar simulasi visual untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang / Heri Mahabakti Pamungkas

Pamungkas, Heri Mahabakti (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran simulasi digital kompetensi dasar simulasi visual untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang / Heri Mahabakti Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas Heri Mahabakti 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kompetensi Dasar Simulasi Visual untuk Siswa Kelas X SMK Putra Indonesia Malang. Skripsi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Tri Atmadji Sutikno. M.Pd. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Simulasi Digital. Pembelajaran merupakan sebuah proses yang harus dijalani di dalam kelas. Pembelajaran dengan sistem pengajaran yang baik akan memberikan daya keterserapan materi yang tinggi. Dengan banyaknya halaman dan tingkat proporsional antara teks dan gambar membuat siswa enggan membaca modul. Dengan pemanfaatan komputer secara maksimal dibuatlah media interaktif yang mampu membantu siswa menyerap materi lebih cepat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar yang menarik pada mata pelajaran simulasi digital dengan mengemas tutorial dan materi serta dilengkapi evaluasi dengan satu media yang terintegrasi. Metode penelitian media interaktif ini menggunakan metode R D yang dikemukakan oleh Sugiyono. Terdapat 10 langkah penelitian dan pengembangan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data awal 3) desain media 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi masal. Hasil penelitian yang telah dilakukan dari ahli media didapatkan nilai ratarata 85 52% sedangkan untuk ahli materi didapatkan nilai rata-rata 97 20%. Uji coba skala kecil dari 10 siswa yang diambil secara acak didapatkan nilai rata-rata 83 67% kemudian dalam uji coba skala besar dari 36 siswa didapatkan nilai ratarata 91 01%. Secara keseluruhan media ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas X SMK Putra Indonesia Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46380

Actions (login required)

View Item View Item