Pengembangan modul digital perawatan dan perbaikan komputer bermuatan contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Wisnu Wedar Lintang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital perawatan dan perbaikan komputer bermuatan contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Wisnu Wedar Lintang

Lintang, Wisnu Wedar (2017) Pengembangan modul digital perawatan dan perbaikan komputer bermuatan contextual teaching and learning di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Wisnu Wedar Lintang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Lintang Wisnu Wedar. 2017. Pengembangan Modul Digital Perawatan Dan Perbaikan Komputer Bermuatan Contextual Teaching and Learning Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Phatmantara M.Pd. (2) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci modul digital perawatan dan perbaikan komputer contextual teaching and learning. Modul merupakan salah satu sumber belajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diarapkan. Pada proses perkuliahan perawatan dan perbaikan komputer di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang memiliki kendala yaitu hasil belajar yang didapat mahasiswa belum maksimal tingkat ketuntasan hasil belajar baru mencapai 80%. Buku rujukan yang digunakan dalam proses perkuliahan saat ini masih belum testruktur dan sulit dipahami. Oleh karena itu dalam proses perkuliahan perawatan dan perbaikan komputer di jurusan teknik elektro universitas negeri malang dibutuhkan sumber belajar yang menarik dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Model pengembangan modul digital ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Model pengemangan ini memiliki sepuluh tahapan yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Masal. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa modul digital perawatan dan perbaikan komputer yang telah disesuaikan dengan satuan acara perkuliahan (SAP). Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan rumus yang mengacu pada Akbar didapatkan presentase dari ahli media sebesar 86.36% ahli materi 91.25% hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 89.69% dan hasil uji coba kelompok besar dengan pencapaian persentase 89.11% Berdasarkkan interpretasi data menurut Akbar (2013) hasil tersebut dinyatakan sangat valid dari batas minimum persentase validitas sebesar 75.01%. Sehingga dapat disimpulkan modul digital perawatan dan perbaikan komputer bermuatan contextual teaching and learning (CTL) layak digunakan sebagai media belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46378

Actions (login required)

View Item View Item