Pengembangan bahan ajar mata pelajaran sistem operasi kelas X RPL SMKN 8 Malang / Ahmad Hani Pratomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran sistem operasi kelas X RPL SMKN 8 Malang / Ahmad Hani Pratomo

Pratomo, Ahmad Hani (2017) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran sistem operasi kelas X RPL SMKN 8 Malang / Ahmad Hani Pratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratomo Ahmad Hani. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X RPL SMKN 8 MALANG. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar Sistem Operasi. Kurikulum yang berlaku di dunia pendidikan Indonesia sekarang adalah kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku pihak yang memberlakukan kurikulum 2013 telah menyediakan media pendidikan untuk membantu guru mengajar. Kenyataan di lapangan ada sebagian sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 tetapi tidak menggunakan media pendidikan yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut dibuktikan dengan melakukan pengamatan di salah satu sekolah percontohan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 di Kota Malang yaitu di SMKN 8 Malang. Pengamatan di sekolah tersebut dilakukan di kelas X RPL. Salah satu mata pelajaran kelas X RPL yang belum menggunakan buku ajar adalah mata pelajaran Sistem Operasi. Pada saat pembelajaran bahan ajar yang digunakan adalah media presentasi berupa slide show dan siswa mencatat penjelasan guru dari slide show tersebut. Permasalahan terjadi ketika tidak semua siswa mencatat penjelasan guru. Mereka hanya mendengarkan penjelasan guru dan ketika mereka akan belajar secara mandiri mereka tidak mempunyai media belajar yang bisa digunakan sebagai rujukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain dari Borg and Gall. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Operational Product Revision. Jenis data yang diperoleh dari validasi produk dan pengujian dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah skor yang diperoleh dari validasi dan pengujian sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran subjek. Produk yang dikembangkan berupa buku ajar yang terdiri dari buku siswa dan buku guru. Produk berisi kompetensi dasar mata pelajaran Sistem Operasi Closed Source yaitu perkembangan sistem operasi struktur proses booting instalasi administrasi dan troubleshooting yang sesuai dengan struktur isi Kurikulum 2013. Hasil validasi ahli media mendapat persentase sebesar 97 82% dan hasil validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 77 59% serta hasil uji coba siswa mendapat persentase sebesar 83 6%. Berdasarkan hasil uji produk dapat disimpulkan bahwa produk sudah layak dan bisa digunakan. ABSTRACT Pratomo Ahmad Hani. 2017. Development of Operating System Book for 10th Grade of SoftwareEengineering at SMK Negeri 8 Malang. Sarjana s Thesis Electrical Engineering Department Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisors (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M.Pd. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Keywords Research and Development Teaching Materials Operating System The current curriculum in the Indonesian is the 2013 curriculum. The Ministry of Education and Culture has provided educational media to help teachers. The reality in the field there are some schools that have implemented the 2013 curriculum but do not use the educational media provided by the Ministry of Education and Culture. This is evidenced by observations in one of the pilot schools that have implemented the 2013 curriculum in Malang City namely in SMKN 8 Malang. . One of the 10th grade lessons that have not used textbooks is the operating system lesson. At the time of learning process teaching materials used are presentation media in the form of slide shows and students record the teacher s explanation of the slide show. The problem occurs when not all students record the teacher s explanation. They only listen to the teacher s explanation and when they will learn independently they have no learning media that can be used as a reference. The research and development using Borg and Gall method (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Operational Product Revision. Types of data obtained from product validation and testing is quantitative and qualitative data. Quantitative data are scores obtained from validation and testing while qualitative data is derived from subject suggestions. The products developed in the form of textbooks consisting of student books and teacher books. Product contains the basic competencies Closed Source Operating System Subjects are the development of operating system structure booting process installation administration and troubleshooting in accordance with the contents structure Curriculum 2013. Expert media validation results obtained percentage of 97.82% and the results of material expert validation Got a percentage of 77.59% and the test results of students got a percentage of 83.6%. Based on product test results it can be concluded that the product is feasible and can be used.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46368

Actions (login required)

View Item View Item