Pengembangan modul ajar pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan semester 1 SMK Sore Tulungagung / Riky Ardika Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan semester 1 SMK Sore Tulungagung / Riky Ardika Pratama

Pratama, Riky Ardika (2017) Pengembangan modul ajar pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan semester 1 SMK Sore Tulungagung / Riky Ardika Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Riky Ardika. 2017. Pengembangan Modul Ajar pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Semester 1 SMK Sore Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata kunci Bahan ajar Modul Jaringan Dasar kurikulum 2013. Pelajaran Jaringan Dasar merupakan mata pelajaran pada kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Sore Tulungagung yang berpedoman dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil dari wawancara dengan guru serta observasi selama ini bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kurikulum 2013. Selama ini sumber materi masih terpecah-pecah dari berbagai sumber baik dari buku lembar kerja siswa (LKS) maupun internet. Pada proses pembelajaran beberapa siswa hanya menunggu intruksi dari guru hal ini menyebabkan kurangnya ketertarikan minat siswa dalam mata pelajaran Jaringan Dasar kurang memahami materi yang diajarkan dan selalu tergantung pada guru. Sehingga dibutuhkan pengembangan modul ajar mata pelajaran Jaringan Dasar. Model penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan prosedural yaitu model pengembangan Sugiyono karena model pengembangan ini memiliki tahapan-tahapan yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk (8) Ujicoba pemakaian (9) revisi produk (10) produk masal. Materi produk yang dikembangkan terdiri dari 5 unit kegiatan yang sesuai dengan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Pada tahapan uji coba produk perolehan persentase sebesar 74.125% dari total 10 siswa sebagai responden. Pada tahapan uji coba pemakaian diperoleh hasil persentase sebesar 84.91% dari total 30 siswa sebagai responden. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46361

Actions (login required)

View Item View Item