Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 8 Malang / Heni Vidia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 8 Malang / Heni Vidia Sari

Sari, Heni Vidia (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 8 Malang / Heni Vidia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Heni Vidia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 8 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci media media pembelajaran berbasis web efisiensi hasil belajar. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh terbatasnya media pembelajaran untuk mata pelajaran Jaringan Dasar. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran Jaringan Dasar masih belum maksimal. Pembelajaran pada mata pelajaran ini masih terpusat pada guru membuat sebagian besar pola pikir siswa kurang terasah. Terbatasnya media pembelajaran yang menunjang untuk mata pelajaran Jaringan Dasar dengan tersedianya internet dan wifi di sekolah membuat pengembangan media ini sangat tepat dilaksanakan. Penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis web yang diharapkan dapat menarik motivasi dan minat siswa dalam belajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Jaringan Dasar untuk siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan 3) mengetahui efisiensi penggunaan media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Model penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis web ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Media pembelajaran berbasis web ini memuat konten berupa mind map materi video gambar dan soal latihan. Validasi media pembelajaran berbasis web dilakukan oleh ahli media dan ahli materi uji skala kecil dan uji skala luas. Hasil nilai rata-rata validasi media oleh ahli media dan ahli materi sebesar 91 5% nilai rata-rata validasi media uji skala kecil sebesar 87 75% dan nilai rata-rata validasi media uji skala luas sebesar 86 42%. Dari nilai validasi yang diperoleh nilai rata-rata keseluruhan validasi media pembelajaran berbasis web adalah 88 55%. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan valid dan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Uji lapangan operasional dilakukan di kelas X TKJ D SMKN 8 Malang selama empat kali pertemuan dengan proses belajar menggunakan media pembelajaran berbasis web. Pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pre test ke post test oleh 30 siswa dengan nilai rata-rata pre test adalah 46 67 dan nilai rata-rata post test adalah 88 09. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan efisien digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Jaringan Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46354

Actions (login required)

View Item View Item