Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pengaruhnya teradap kreativitas dan hasil belajar pemrograman web pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Turen / Siti Lala Falina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pengaruhnya teradap kreativitas dan hasil belajar pemrograman web pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Turen / Siti Lala Falina

Falina, Siti Lala (2017) Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pengaruhnya teradap kreativitas dan hasil belajar pemrograman web pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Turen / Siti Lala Falina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Falina Siti Lala. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pemrograman Web Pada Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Turen. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci creative problem solving project based learning kreativitas hasil belajar pemrograman web Berdasarkan observasi yang dilakukan proses pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Web yang terjadi di SMKN 2 Turen antara lain siswa ketika diberikan soal pada praktikum mayoritas hasil praktikum siswa rata-rata sama. Siswa dalam mengerjakan soal praktikum terpaku pada materi hari itu dan siswa kurang mampu menghubungkan dengan materi sebelumnya. Siswa kurang mampu mengembangkan jawaban dan terpaku pada contoh yang diberikan guru. Hal itu juga berimbas pada hasil belajar siswa yang masih ada di bawah KKM yakni 75. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas X jurusan TKJ SMKN 2 Turen tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji t berkorelasi dan uji t independen. Hasil pengujian nilai pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh 0 000 0 05 maka hasil belajar pada kelas eksperimen sesudah perlakuan lebih tinggi dari sebelum perlakuan. Hasil pengujian nilai pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh 0 000 0 05 maka hasil belajar pada kelas kontrol sesudah perlakuan lebih tinggi dari sebelum perlakuan. Hasil pengujian nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 0 022 0 05 maka hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil pengujian nilai kreativitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh 0 016 0 05 maka kreativitas pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Abstract Falina Siti Lala. 2017. The Implementation of Project Based Learning (PJBL) Compared to Creative Problem Solving (CPS) Learning Model and the Effect on Creativity and Learning Outcomes in Web Programming for Students of X TKJ SMKN 2 Turen. Thesis. S1 Informatic Engineering Education Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisors (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Keywords creative problem solving project based learning creativity learning outcomes web programing. According to research that has been conducted teaching and learning process in Web Programming on SMKN 2 Turen such as students are given some question during practice the result of students practice are relative the same since students are doing the projects based on material that have been taught that day and students hardly relate this material with the previous material that have been taught before. Students cannot elaborate their answer by themselves and use the example given by their teacher as a guideline. This make their learning outcomes stay under minimum mastery standard which is 75. Research design use in this research is quasi experiment with pretest-posttest control group design which include controlled and experimental class. Population of this research are students from X MM class in SMKN 2 Turen year of study 2016/2017. This research aims to increase students creativity and learning outcomes. Data analysis use to test hypothesis are paired T-test and independent T-test. The result of pretest and posttest in experimental class show 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46350

Actions (login required)

View Item View Item